Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Aplikasi Metode Activity Based Costing Dalam Menentukan Biaya Pengerjaan Konstruksi Jalan (studi kasus : PT. Biro Teknik Sinar Baru )
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Aplikasi Metode Activity Based Costing Dalam Menentukan Biaya Pengerjaan Konstruksi Jalan (studi kasus : PT. Biro Teknik Sinar Baru )
Edition
Call Number 2010/II/35
ISBN/ISSN
Author(s) Rio Zulandra
Subject(s) ACTIVITY BASED COSTING
Analytical Hierarchy Process
Overhead Cost
Classification 658.151 1
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Inggris
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2010
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Penelitian ini mencoba untuk mengaplikasikan metode Activity Based Costing (ABC) pada perusahaan Biro Teknik Sinar Baru yang merupakan perusahaan swasta nasional yang bergerak di bidang jasa konstruksi jalan. Selama ini PT Biro Teknik Sinar Baru kesulitan dalam menentukan harga penawaran dalam mengikuti proses tender untuk untuk mendapatkan suatu proyek, padahal dalam bisnis konstruksi biaya ataupun harga yang ditawarkan untuk mengerjakan suatu proyek memegang peranan yang penting untuk menentukan apakah perusahaan dapat memenangkan proses tender yang ditawarkan oleh pemilik proyek. Harga penawaran yang dibuat oleh masing-masing perusahaan yang mengikuti proses tender diusahakan seminimal mungkin tanpa mengurangi tingkat kualitas atau mutu dari bahan, teknis pelaksanaan, dan lain-lain yang berhubungan dengan pelaksanaan pekerjaan. Salah satu jawaban dari permasalahan ini adalah mengaplikasikan sistem ABC pada sistem informasi biaya yang digunakan oleh perusahaan. Sistem biaya ABC mengalokasikan biaya ke transaksi dari aktivitas yang dilaksanakan oleh perusahaan, dan kemudian mengalokasikan biaya tersebut secara tepat ke jasa konstruksi yang ditawarkan sesuai dengan konsumsi aktivitas setiap jasa atau produk yang ditawarkan oleh perusahaan tersebut. Pada penelitian ini metode Analytycal Hierarchy Process (AHP) digunakan untuk menghitung bobot dari alokasi biaya overhead ke aktivitas yang terjadi jika alokasi konsumsi biaya overhead oleh aktivitas tersebut tidak diketahui. Dengan penerapan metode ABC ini diharapkan manajemen perusahaan akan mendapatkan informasi biaya harga pokok produksi untuk proyek yang mereka kerjakan secara lebih akurat sehingga perusahaan dapat menentukan harga penawaran yang tepat pada proses tender. Kata kunci: Activity based costing, analytical hierarchy process, overhead cost.
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Naning Aranti Wessiani,ST, MM
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous