Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Analisis Pemilihan Teknologi Guna Mengurangi Emisi C02 pada Pabrik Besi Berongga PT. Krakatau Steel dengan Metode Environmental Management Accounting (EMA)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Analisis Pemilihan Teknologi Guna Mengurangi Emisi C02 pada Pabrik Besi Berongga PT. Krakatau Steel dengan Metode Environmental Management Accounting (EMA)
Edition
Call Number 2010/II/44
ISBN/ISSN
Author(s) Tamara Yuanita
Subject(s) Cleaner Production
Environmental Costs
Waste Reduction
Classification 333.714
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2010
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Gas rumah kaca tertinggi yang mengakibatkan efek rumah kaca adalah CO2 di mana banyak dihasilkan dari aktivitas industri. Salah satu cara untuk mereduksinya adalah dengan penerapan teknologi alternatif ramah lingkungan pada dunia industri. Penggunaan teknologi alternatif menjadi hal yang sukar karena berkaitan dengan besarnya biaya investasi dan operasional perusahaan. Environmental Management Accounting (EMA) berisi data mengenai aliran energi dan material secara fisik dan moneter dari suatu proses produksi. Melalui informasi tersebut diketahui proses produksi yang menghasilkan emisi tertinggi dan kemudian dibuatlah skenario perbaikan. Melalui penghitungan biaya lingkungan dengan EMA diperoleh besarnya penghematan dari selisih biaya lingkungan kondisi existing dan perbaikan. Melalui studi kelayakan, diperoleh 2 dari 3 alternatif yang layak secara finansial. Melalui incremental analysis diperoleh keputusan bahwa alternatif 1 dengan biaya investasi terbesar, Zero Reforming, layak untuk diterapkan pada perusahaan dengan nilai NPV Rp 692.652.410.725 dan IRR sebesar 54,23% serta payback period selama 1,23 tahun. Alternatif ini mampu menghemat biaya lingkungan sebesar 5,9% serta mampu mengurangi emisi CO2 sebesar 62% dari kondisi existing. Kata Kunci : Cleaner production, waste reduction, biaya lingkungan, Environmental Management Accounting, studi kelayakan investasi
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Prof.Dr.Ir. Moses Laksono Singgih, MSc.,M.Reg.Sc.
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous