Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Perancangan Alat Bantu Pengambilan Keputusan untuk Pengadaan dan Kontrol Inventori Sparepart Seat Kabin B737-800 NG dengan Pendekatan (R,s,S) (Studi Kasus : PT. GMF AeroAsia)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Perancangan Alat Bantu Pengambilan Keputusan untuk Pengadaan dan Kontrol Inventori Sparepart Seat Kabin B737-800 NG dengan Pendekatan (R,s,S) (Studi Kasus : PT. GMF AeroAsia)
Edition
Call Number
ISBN/ISSN
Author(s) Bathamas Pramoedhitya Asihanto
Subject(s) Decision Support System (DSS)
INVENTORY CONTROL
Periodic Review
Classification 658.78
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2010
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Semakin meningkatnya penggunaan jasa transportasi udara, maka setiap maskapai penerbangan melakukan pengembangan strategi dalam pelayanannya untuk menjamin keamanan dan kenyamanan penumpang. PT GMF AA sebagai salah satu perusahaan MRO (Maintenance, Repair, Overhaul) bertugas untuk menjamin pesawat dalam kondisi siap beroperasi tepat waktu. Oleh karena itu dibutuhkan perencanaan material yang baik untuk menjamin ketersediaan material pada saat dibutuhkan sehingga dapat meminimalisir terjadinya Hold Item List (HIL). Material yang dijadikan objek dalam penelitian yaitu Break Down Part (BDP) dari komponen seat kabin. Penentuan parameter awal inventori sangat berpengaruh dalam keberhasilan pengendalian persediaan. Hal ini didukung dengan esperimen perhitungan menggunakan konsep pendekatan (R,s,S) periodic review system untuk mendapatkan total biaya minimum dan tercapainya target service level. Empat metode berbeda digunakan untuk penentuan parameter maksimum stok (S) dan reorder point (s) yaitu kombinasi EOQ with backorder dengan simulasi Monte Carlo, algoritma power approximation, usulan kuantitas optimum expert dari unit TLK, dan kondisi eksisting pengadaan di perusahaan. Di samping itu juga dilakukan klasifikasi material agar dapat diketahui jenis permintaannya dan tingkat kepentingannya serta akan dirancang suatu alat bantu pengambilan keputusan untuk mempermudah perusahaan dalam menentukan strategi terbaik untuk pengadaan tiap material. Hasil yang didapat dari penelitian yaitu mayoritas material kabin tergolong jenis lumpy dan intermittent. Penentuan parameter awal inventori dengan EOQ with backorders dirasa cukup baik karena mampu untuk mencapai target service level yang diharapkan. Perbandingan dari ketiga metode yang diusulkan dibandingkan dengan metode eksisting didapatkan simulasi kombinasi EOQ backorders dengan Monte Carlo dinilai paling baik karena mampu mencapai target service level yang diharapkan dengan biaya total yang dikeluarkan relatif lebih rendah dibandingkan kondisi eksisting. Perancangan Decision Support Systems (DSS) sangat membantu perusahaan dalam membuat keputusan berkaitan dengan strategi perencanaan pengadaan material kabin. Kata Kunci : Inventory Control, Decision Support Systems, Periodic Review
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Prof. Ir. I Nyoman Pujawan, M.Eng., PhD.
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous