Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Perancangan Alat Bantu Pengambilan Keputusan Bagi Penjadwalan Pengerjaan Komponen Unserviceable untuk Meminimumkan Keterlambatan Turn Around Time (TAT)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Perancangan Alat Bantu Pengambilan Keputusan Bagi Penjadwalan Pengerjaan Komponen Unserviceable untuk Meminimumkan Keterlambatan Turn Around Time (TAT)
Edition
Call Number
ISBN/ISSN
Author(s) Susanti Chandra
Subject(s) Decision Support System (DSS)
Heuristic Algorithms
Scheduling
Classification 658.562
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2010
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info PT. GMF Aeroasia merupakan salah satu perusahaan terbesar di Asia yang bergerak di bidang industri penerbangan dengan mengutamakan jasa MRO (Maintenance, Repair, Overhaul), baik untuk jasa perawatan, reparasi, atau overhaul pesawat dan pendukungnya. Unit Component Maintenance merupakan sebuah workshop besar yang melakukan kegiatan perawatan komponen-komponen pesawat. Dalam kegiatan operasionalnya, unit Component Maintenance, khususnya pada work center electrical, belum memiliki penjadwalan yang terencana. Akibatnya KPI (Key performance Index) untuk pencapaian target TAT sebanyak 99% tidak dapat terpenuhi. Dengan jumlah teknisi yang cukup banyak dan dengan kemampuan (ability) yang berbeda-beda membuat pengerjaan komponen di work center electrical menjadi sebuah permasalahan yang kompleks. Untuk menyelesaikan permasalahan tersebut, penelitian ini akan menberikan sebuah rancangan alat bantu pengambilan keputusan penjadwalan pengerjaan komponen unserviceable dengan menggunakan algoritma Hodgson dan Two-Phase Heuristic. Kedua algoritma tersebut dibandingkan performansinya untuk meminimumkan jumlah tardy job dengan mempertimbangkan keterbatasan resource yang ada. Perhitungan dilakukan dengan menggunakan Decision Support Tools yang dirancang sesuai dengan alur kerjanya dan didapatkan bahwa algoritma Two-Phase Heuristic menghasilkan jumlah tardy job yang paling minimal. Dengan meminimasi jumlah tardy job berarti akan dapat meminimasi keterlambatan turn around time (TAT) bagi perusahaan. Kata Kunci : Penjadwalan, Algoritma Hodgson, Algoritma Two-Phase Heuristic, Decision Support Tools, Tardy Job
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Dr. Eng. Ir. Ahmad Rusdiansyah, M.Eng;Niniet Indah Artivrida, ST., MT
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous