Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Penerapan Metode Integer Programming pada Penjadwalan Produksi Make to Order dengan Mesin Paralel (Studi Kasus : Bengkel Umum Unit III, PT. Gudang Garam, Tbk)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Penerapan Metode Integer Programming pada Penjadwalan Produksi Make to Order dengan Mesin Paralel (Studi Kasus : Bengkel Umum Unit III, PT. Gudang Garam, Tbk)
Edition
Call Number
ISBN/ISSN
Author(s) Triyono Prisyosaputro
Subject(s) INTEGER PROGRAMMING
Make to Order
Classification 519.72
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2010
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Penjadwalan produksi merupakan hal yang sangat penting dalam sebuah perusahaan. Di PT. Gudang Garam Tbk. tepatnya di bagian Bengkel Umum Unit III, penjadwalan produksi juga diterapkan pada sistem pembuatan spare part mesin maupun peralatan-peralatan penunjang yang dibutuhkan perusahaan sendiri. Sistem yang dijalankan oleh bagian ini adalah Make To Order dengan penyusunan mesin-mesinnya secara paralel. Oleh karena itu ketepatan dalam menyelesaikan order sebelum due date sangat penting sebab apabila terjadi keterlambatan maka proses perbaikan mesin yang rusak bisa terhambat atau tertunda. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode Integer Programming yang diterapkan untuk kasus multiobjective problem (min number of tardy dan min total tardines). Penelitian ini menggunakan software LINGO untuk menyelesaikan model yang disusun. Dengan metode optimasi ini mampu dihasilkan perbaikan dengan membandingkan output model dengan kondisi aktual yaitu perbaikan sebesar 77% untuk meminimasi jumlah order yang terlambat dan perbaikan sebesar 90% untuk meminimasi total keterlambatan. Kata Kunci: integer programming, make to order, mesin paralel.
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Prof. Dr. Ir. Suparno, MSIE
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous