Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Analisis Efektivitas Kebijakan Pendidikan dalam Penyelesain Sistem Pendidikan Kejuruan dengan Dunia Industri (Studi Kasus : Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 5 (SMKN 5) dengan Industri Manufaktur)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Analisis Efektivitas Kebijakan Pendidikan dalam Penyelesain Sistem Pendidikan Kejuruan dengan Dunia Industri (Studi Kasus : Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 5 (SMKN 5) dengan Industri Manufaktur)
Edition
Call Number
ISBN/ISSN
Author(s) Paramita Anggraini
Subject(s) Alignment
Dynamic System
Policy
Classification 658.403 2
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2010
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Pendidikan merupakan hal yang amat penting dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM). Kualitas SDM yang baik diharapkan dapat mengisi lapangan pekerjaan (demand) sesuai dengan keahliannya dan selanjutnya dapat memajukan negara. Namun kesempatan kerja yang terbatas telah membuat kompetisi semakin ketat antar pencari kerja sehingga seringkali mereka melamar dan menerima pekerjaan apa saja meskipun tidak sesuai dengan kualifikasi pendidikannya. Pengangguran berpendidikan tinggi, baik diploma maupun sarjana, selama periode 2004-2009 bertambah 529.662 jiwa, yaitu dari 585.358 jiwa pada tahun 2004 menjadi 1.115.020 jiwa pada tahun 2009. Adanya mismatch dari segi kualitas antara yang dihasilkan oleh lembaga pendidikan (supply) dengan kebutuhan pasar tenaga kerja (demand) menjadi perhatian serius pemerintah saat ini. Permodelan mengunakan sistem dinamik digunakan untuk menyelesaikan permasalahan ini. Fungsi dari pendekatan sistem dinamik ini adalah menggambarkan model secara keseluruhan dan melakukan simulasi skenario kebijakan ii pemerintah dalam upaya penyelarasan sistem pendidikan nasional dengan dunia industri. Dalam penelitian ini terdapat beberapa skenario yang digunakan yaitu melakukan peningkatan kondisi tenaga pendidik, sarana prasarana dan penyesuaian struktur kurikulum. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil bahwa skenario yang memberikan dampak paling signifikan terhadap indeks keselarasan kompetensi lulusan SMK dengan industri manufaktur adalah penggabungan ketiga skenario tersebut. Bila pemerintah ingin memprioritaskan salah satu kebijakan terlebih dahulu, maka peningkatan kondisi sarana prasarana merupakan kebijakan yang memberikan pengaruh besar terhadap indeks keselarasan kompetensi. Kata kunci : Keselarasan, Sistem Dinamik, Kebijakan
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Dr. Ir. Sri Gunani, MT.;Prof. Dr. Ir. Budisantoso Wirjodirdjo, M.Eng.
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous