Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Perbaikan Proses Bisnis Maintenance melalui Pemetaan Proses Kritis dan Identifikasi Permasalahan
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Perbaikan Proses Bisnis Maintenance melalui Pemetaan Proses Kritis dan Identifikasi Permasalahan
Edition
Call Number
ISBN/ISSN
Author(s) Aditya Cahya Wardana
Subject(s) Business Process
Measurement Framework
Root Cause Analysis
Classification 658.5
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2010
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Perbaikan proses bisnis pada sebuah perusahaan harus terus dilakukan untuk meningkatkan pencapaian kinerja perusahaan. PT. GMF AeroAsia sebagai salah satu perusahaan perawatan pesawat terbesar di Indonesia terus berupaya memperbaiki proses bisnis perusahaannya. Penelitian ini dilakukan pada salah satu unit produksi pada PT. GMF AA yaitu unit Base Maintenance yang melakukan tipe perawatan aircraft maintenance. Pemetaan proses kritis sebagai salah satu tahap dalam perbaikan proses bisnis pada penelitian ini dilakukan menggunakan process-based performance measurement framework. Penelitian ini diawali dengan pengamatan kondisi awal proses bisnis unit base maintenance serta pencapaian kinerjanya sebagai fokus penelitian. Setelah itu dilakukan identifikasi proses kritis pada proses bisnis tersebut menggunakan process-based performance measurement framework (PPMF). Langkah selanjutnya adalah mengidentifikasikan permasalahan pada proses kritis tersebut menggunakan root cause analysis (RCA) dengan terlebih dahulu memetakan proses bisnisnya. Upaya perbaikan disusun berdasarkan akar permasalahan yang menjadi penghambat pencapaian kinerja perawatan pesawat. Dari hasil penelitian didapatkan empat proses kritis pada proses bisnis maintenance di base maintenance. Proses kritis ii tersebut adalah Jobcard preparation; Execution, schedulling, and control; MDR approval; serta Shop activity. Perbaikan proses dilakukan melalui pembuatan dan penerapan management control tools dalam bentuk software menggunakan macro VBA. Tools ini digunakan untuk membantu fungsi perencanaan, pengendalian sumber daya serta aktivitas perawatan. Kata Kunci : Proses Bisnis, Process-based Performance Measurement Framework, Root Cause Analysis
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Dr. Ir. Patdono Suwignjo, M.Eng.Sc.,PhD;Syarifa Hanoum, ST., MT
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous