Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Perumusan Skenario Kebijakan Sistem Transportasi Perkotaan di Surabaya Berdasarkan Evaluasi Dampak Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan Lingkungan : Sebuah Pendekatan Sistem Dinamik
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Perumusan Skenario Kebijakan Sistem Transportasi Perkotaan di Surabaya Berdasarkan Evaluasi Dampak Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan Lingkungan : Sebuah Pendekatan Sistem Dinamik
Edition
Call Number
ISBN/ISSN
Author(s) Arini Ekaputri Junaedi
Subject(s) Economy
Environmental
Urban Transportation Systems
Classification 388.4
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2010
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Peningkatan jumlah kendaraan bermotor setiap tahunnya berdampak pada aspek ekonomi dan lingkungan. Dalam hal ini, polusi udara merupakan masalah lingkungan terbesar yang harus ditangani, dimana 85% di antaranya dihasilkan oleh sektor transportasi. Pada sisi lain, peningkatan jumlah kendaraan bermotor pada setiap tahunnya berdampak pada sisi Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan Pajak Kendaran Bermotor (PKB), dimana PKB telah memberikan kontribusi sebesar 25.3% dari keseluruhan PAD yang diperoleh. Kondisi yang saling bertentangan tersebut mengindikasikan bahwa penggunaan PAD yang diperoleh dari sistem transportasi belum dialokasikan secara memadai untuk kebijakan peningkatan lingkungan hidup. Selain itu, kebijakan pemerintah yang sudah ada masih bersifat parsial antara kebijakan transportasi dan kebijakan tentang lingkungan hidup. Keadaan ini mengindikasikan perlunya dibuat perumusan skenario kebijakan sistem transportasi perkotaan yang nantinya dapat mengevaluasi dampak yang terjadi terjdap PAD dan lingkungan hidup.Dalam penelitian ini, pendekatan sistem dinamik digunakan untuk memodelkan sistem transportasi perkotaan di Surabaya. Dengan menggunakan pendekatan dinamik akan dapat diketahui hubungan keterkaitan antara variable pada sisi transportasi perkotaan dan sisi lingkungan hidup maupun pada sisi pendapatan asli daerah. Dalam penelitian ini, model dibuat untuk tiga skenario, yaitu pengalihan terhadap moda angkutan masal, pemberian insentif terhadap kendaraan ramah lingkungan, dan peningkatan terhadap kebijakan fiskal. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil bahwa dua dari skenario pertama memberikan dampak yang paling signifikan terhadap aspek PAD dan lingkungan hidup. Kata kunci : Sistem Transpotasi Perkotaan, Pendapatan Asli Daerah, Lingkungan, Kebijakan Pemerintah, Sistem Dinamik
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Prof. Dr. Ir. Budisantoso Wirjodirdjo, M.Eng.
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous