RECORD DETAIL
Back To Previous
Back To Previous
Title | Perancangan Alat Bantu Pengambilan Keputusan Berbasis Simulasi Diskrit untuk Perencanaan Strategi Boarding Penumpangan Pesawat Boeing 737-800 |
Edition | |
Call Number | 2010/II/90 |
ISBN/ISSN | |
Author(s) | Wildan Fitransah Wardana |
Subject(s) | Decision Support System (DSS) Discrete Simulation |
Classification | 003.83 |
Series Title | GMD | Tugas Akhir |
Language | Indonesia |
Publisher | Jurusan Teknik Industri FTI-ITS |
Publishing Year | 2010 |
Publishing Place | Surabaya |
Collation | 20 cm |
Abstract/Notes | |
Specific Detail Info | Dalam penelitian ini, sebuah model simulasi diskrit digunakan untuk mensimulasikan boarding penumpang ke dalam pesawat terbang. Model ini dirancang sebagai alat bantu pengambilan keputusan untuk merencanakan strategi boarding terbaik pada pesawat terbang Boeing 737-800 sehingga dapat meningkatkan efisiensi terhadap boarding penumpang. Lima skenario boarding digunakan untuk menguji model simulasi yang telah dibangun baik untuk aplikasi satu pintu maupun dua pintu. Masing-masing skenario merupakan representasi dari strategi boarding yang telah umum digunakan oleh perusahaan penerbangan saat ini. Metode pengujian terhadap model terdiri dari tiga tahapan yaitu melakukan pengacakan urutan penumpang yang memasuki pesawat, mensimulasikannya ke dalam software simulasi yang digunakan, dan mendapatkan output yang diharapkan. Empat output model yang diukur antara lain: waktu total boarding, waktu rata-rata penumpang dalam sistem, total interferences semua penumpang dalam sistem, dan rata-rata interferences penumpang dalam sistem. Pengujian dilakukan sebanyak sepuluh kali untuk tiap skenario. Hasil yang didapatkan dari pengujian bahwa strategi reversed pyramid adalah strategi terbaik berdasarkan output model yang diukur baik boarding menggunakan satu pintu maupun dengan dua pintu. Waktu total boarding dan total interferences untuk satu pintu masing-masing adalah 14.77 menit dan 61.2 interferences sedangkan untuk dua pintu masing-masing adalah 7.68 menit dan 68.9 interferences. Dari hasil eksperimen juga didapatkan bahwa aplikasi menggunakan dua pintu mempunyai potensi besar dalam mengurangi waktu boarding sebesar 52% daripada menggunakan satu pintu. Kata kunci: Boarding Penumpang, Simulasi Diskrit, dan Decision Support System |
Image | |
File Attachment | LOADING LIST... |
Pembimbing | Dr. Eng. Ir. Ahmad Rusdiansyah, M.Eng |
Volume | |
Availability | LOADING LIST... |
Back To Previous |