Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Perancangan Sistem Pendukung Berbasis Agent System untuk Pengalokasian Order pada Virtual Cluster Usaha Kecil Menengah (UKM)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Perancangan Sistem Pendukung Berbasis Agent System untuk Pengalokasian Order pada Virtual Cluster Usaha Kecil Menengah (UKM)
Edition
Call Number 2010/II/95
ISBN/ISSN
Author(s) Dedi Nestoriko Sinaga
Subject(s) Agent System
Decision Support System (DSS)
Sharing Resources
Classification 658.403
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2010
Publishing Place Surabaya
Collation 20 cm
Abstract/Notes
Specific Detail Info Salah satu bentuk peran serta LPB Mitra Bersama adalah sebagai market place yang bisa menangkap kebutuhan konsumen akan produk-produk UKM. LPB menerima order dari konsumen dan mengalokasikannya kepada UKM binaannya melalui proses sharing resources. Sharing resources dilakukan karena salah satu atau beberapa UKM tersebut belum mampu memenuhi order konsumen yang jumlahnya melebihi kapasitas produksinya. Namun, permasalahan yang masih terjadi adalah sulitnya menentukan jumlah order yang dialokasikan kepada tiap UKM secara tepat dan cepat. Belum adanya hal yang mendasari keobjektivitasan dalam pengalokasian serta persaingan yang belum menguntungkan antar UKM menjadi faktor yang mempersulit pengalokasian order tersebut. Keputusan semakin sulit diambil karena ada banyak kriteria yang perlu dipertimbangkan dalam pengalokasian order tersebut,. Pada penelitian ini dilakukan perancangan sebuah sistem pendukung keputusan berbasis agent system. Sistem tersebut akan diimplementasikan pada virtual cluster UKM binaan LPB Mitra Bersama. Pada penelitian ini digunakan integrasi metode Fuzzy Logic dengan metode Analytic Network Process (ANP) sebagai metode untuk mempertimbangkan multi kriteria yang mempengaruhi keputusan pengalokasian order tersebut. Hasil dari pengolahan ANP inilah yang akan dijadikan rule base bagi agent system pada sistem pendukung keputusan rancangan. Sebagai media implementasi dari sistem pendukung keputusan akan digunakan platform website menggunakan PHP-MySQL sehingga bisa berjalan secara online. Kata Kunci: Sistem Pendukung Keputusan, DSS, Agent System, ANP, Fuzzy, E-Commerce, Sharing Resources
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Arief Rahaman, ST., M.Sc
Volume
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous