Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Perancangan Kapasitas Produksi dengan Memperhatikan Skala Ekonomi pada Klaster Industri Lampu Hemat Ernergi di Hjawa Timur (Studi Kasus : klaster Industri Lampu Hemat di Jawa Timur)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Perancangan Kapasitas Produksi dengan Memperhatikan Skala Ekonomi pada Klaster Industri Lampu Hemat Ernergi di Hjawa Timur (Studi Kasus : klaster Industri Lampu Hemat di Jawa Timur)
Edition
Call Number
ISBN/ISSN
Author(s) Rizki Meilia
Subject(s) Cluster Industry
LINEAR PROGRAMMING
Production Capacity
Classification 519
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2010
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Indonesia merupakan pasar potensial bagi lampu hemat Energi. Pada tahun 2009, konsumsi LHE di Indonesia mencapai 160 juta unit dalam 1 tahun. Namun, pasar lampu listrik yang sangat potensial tersebut didominasi oleh produk impor hingga 90%. Salah satu faktor penyebab LHE dalam negeri tidak dapat bersaing dengan produk impor adalah harga. Konsep pendekatan klaster adalah salah satu solusi yang ditawarkan pemerintah guna meningkatkan daya saing industri LHE di Indonesia. Namun, kinerja dari klaster tersebut belum optimal. Oleh karena itu, diperlukan perancangan kapasitas produksi agar didapatkan volume produksi yang dapat memenuhi skala ekonomis. Sehingga dapat diperoleh hasil akhir berupa produk dengan harga yang dapat bersaing dengan produk impor. Sehingga dilakukan perancangan kapasitas produksi dengan menggunakan metode Linier Programming yang kemudian diuji dengan menggunakan software Lingo. Sehingga didapatkan skenario yaitu dengan cara menambah pelaku inti yaitu produsen LHE yang memiliki volume produksi 2.795.225 unit per bulan sehingga didapatkan harga akhir dari produk LHE masing-masing sebesar Rp 13.026,41 , Rp 11.791,46 , Rp 13.613,29 , Rp 11.732,52 , Rp 11.690,00 , Rp 11.792, 69 , dan Rp 12.337, 23. Kata Kunci : Klaster Industri , Kapasitas Produksi, Linear Programming, Lampu Hemat Energi.
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Dr. Ir. Sri Gunani Partiwi, MT
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous