Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Pengembangan Model Penentuan Prioritas Perencanaan Transportasi Jangka Panjang dengan Menggunakan Pendekatan Multicriteria Decision Making (MCDM)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Pengembangan Model Penentuan Prioritas Perencanaan Transportasi Jangka Panjang dengan Menggunakan Pendekatan Multicriteria Decision Making (MCDM)
Edition
Call Number 2011/03
ISBN/ISSN
Author(s) Indah Apriliana Sari
Subject(s) Multicriteria Decision Making (MCDM)
Transportation Planning
Classification 658.403
Series Title
GMD Tesis
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2011
Publishing Place Surabaya
Collation 25 cm
Abstract/Notes
Specific Detail Info Permasalahan transportasi yang saat ini tengah terjadi hampir di seluruh kota-kota besar di dunia, dan bahkan sudah dalam keadaan yang sangat kritis menyebabkan kemacetan, tundaan, dan permasalahan lingkungan yang tidak dapat terelakkan lagi. Dampak yang diakibatkan dari sistem transportasi tersebut membuat banyak pihak memberikan solusi untuk memperbaikinya. Penelitian ini mengajukan sebuah pengembangan model (framework) prioritas kebijakan, dengan enam kriteria dan melalui lima tahapan. Kriteria tersebut antara lain : energi, lingkungan, ekonomi, sosial, teknologi, dan politik. Sedangkan tahapannya adalah interview dengan pakar, pemetaan masalah, perankingan kriteria, perangkingan alternatif, dan uji sensitivitas hasil perankingan. Alternatif yang diajukan adalah : penerapan ITS (Intelligence Transport System), perbaikan fasilitas angkutan umum, pembangunan jalur sepeda (non-motorize), pengadaan BRT (Bus Rapid Transit), LRT (Light Rail Transit), pengadaan transportasi sungai, dan penerapan Electronic Road Pricing (ERP). Pada penelitian ini, Kota Surabaya digunakan sebagai validasi model. Metode yang digunakan sebagai alat bantu pengambilan keputusan pada penelitian ini adalah Multicriteria Decision Making (MCDM) karena mampu mengakomodasi banyak kriteria yang bertentangan. Hasil validasi model menunjukkan adanya perbedaan hasil prioritas perencanaan yang dilakukan oleh pemerintah Kota Surabaya, di mana pembangunan jalur sepeda (non-motorize) adalah langkah pertama yang perlu dilakukan untuk mengurangi pemanasan global dan penggunaan energi yang berlebihan, dan untuk mendukung pengadaan transportasi massal seperti BRT dan LRT. Kata kunci : Prioritas perencanaan transportasi, Kota Surabaya, MCDM.
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Prof.Dr.Ir. Udisubakti Ciptomulyono, M.Eng.Sc.;Dr. Maria Anityasari, ST, ME
Volume
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous