Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Perancangan Model Kematangan Pengelolaan Lingkungan Industri Manufaktur di Indonesia ( Studi Kasus pada Industri Makanan dan Minuman di Surabaya )
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Perancangan Model Kematangan Pengelolaan Lingkungan Industri Manufaktur di Indonesia ( Studi Kasus pada Industri Makanan dan Minuman di Surabaya )
Edition
Call Number 2011/04
ISBN/ISSN
Author(s) Pram Eliyah Yuliana
Subject(s) Life Cycle Assessment
Classification 658.566
Series Title
GMD Tesis
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2011
Publishing Place Surabaya
Collation 20 cm
Abstract/Notes
Specific Detail Info Industri berkelanjutan adalah industri yang dalam operasionalnya selalu melakukan perbaikan pada tiga bidang yaitu sosial, ekonomi dan lingkungan. Pengelolaan di tiga bidang ini harus seimbang agar bisa mencapai keberlanjutan. Penelitian ini difokuskan pada aspek pengelolaan lingkungan oleh industri dan untuk memudahkan industri dalam melakukan pengembangan berkelanjutan tersebut diperlukan suatu panduan yang menunjukkan tingkatan pencapaian pengelolaan lingkungan. Panduan yang dimaksud adalah suatu model kematangan (Maturity Model). Perancangan Maturity Model dalam bidang pengelolaan lingkungan harus memiliki alur yang jelas sehingga memudahkan industri dalam melakukan aplikasi nantinya. Pada penelitian ini, alur pengelolaan lingkungan akan mengacu pada sistem industri yang terdiri dari Sistem Manajemen (Internal Perusahaan), Input, Proses, Output, Eksternalities dan Sistem Transfer. Sistem tersebut dinamakan kriteria. Dari kriteria yang ada kemudian dibuat sub kriteria dan indikator yang nantinya digunakan untuk membentuk level kematangan pengelolaan lingkungan oleh industri. Seluruh indikator yang ada dalam maturity model ini telah divalidasi oleh ahli di bidang lingkungan (expert judgement). Untuk mengetahui apakah rancangan Maturity Model ini dapat diaplikasikan pada industri, maka dilakukan pilot study pada 8 (delapan) industri makanan dan minuman di Surabaya. Hasil akhir dari penelitian ini nantinya adalah rancangan Maturity Model bidang pengelolaan lingkungan untuk industri manufaktur di Indonesia. Kata Kunci: Maturity Model, Expert Judgement, Sistem Manajemen, Input, Proses, Output, Externalities dan Sistem Transfer.
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Dr.Maria Anityasari, ST, ME;Ir. Mokh Suef, MSc.(Eng)
Volume
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous