Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Perancangan Alat Pembatik yang Aman dan Hemat Energi untuk Meminimasi Kesalahan dan Meningkatkan Produktivitas Usaha ( Studi Kasus: UKM Griya Karya Tiara Kusuma, Rungkut - Surabaya )
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Perancangan Alat Pembatik yang Aman dan Hemat Energi untuk Meminimasi Kesalahan dan Meningkatkan Produktivitas Usaha ( Studi Kasus: UKM Griya Karya Tiara Kusuma, Rungkut - Surabaya )
Edition
Call Number 2011/I/02
ISBN/ISSN
Author(s) Tannya Susilowati Pidaninggar
Subject(s) QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT
Classification 658.5
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2011
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Dewasa ini batik semakin diminati semua orang, sehingga banyak pihak yang mencoba untuk membudidaya dan berbisnis di bidang ini. Salah satunya adalah UKM Griya Karya Tiara Kusuma yang mencoba mengembangkan batik khas Surabaya yang menggunakan bahan-bahan pembuat batik yang ramah lingkungan, yaitu dengan menggunakan limbah mangrove. Akan tetapi dalam pelaksanaannya canting yang digunakan dalam membatik masih banyak didapatkan kelemahan, sehingga membuat pekerjaan menjadi tertunda dan produktivitaspun menurun, dan ini sangat mempengaruhi provit usaha. Kondisi tersebut menimbulkan kebutuhan UKM terhadap canting yang aman, nyaman, serta mudah perawatannya. Sehingga perlu dilakukan perancangan ulang terhadap canting yang mempertimbangkan kondisi anthropometri pengrajin dan juga dengan melihat kondisi eksisting canting yang ada. Perancangan canting ini menggunakan metode Quality Function Deployment (QFD). Metode QFD merupakan suatu metode yang terstruktur dalam pengembangan produk yang jelas semua keinginan dan kebutuhan konsumen serta mengevaluasi masing-masing kemampuan produk yang ditawarkan secara sistematis untuk memenuhi kebutuhan. Dalam penelitian ini dihasilkan rancangan canting baru yaitu badan canting beserta pemanas dengan menggunakan briket, dimana briket yang digunakan juga terbuat dari mangrove yang ramah lingkungan. Kata Kunci : Pengembangan dan perancangan produk, canting, Quality Function Deployment
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Dr.Ir. Sri Gunani Partiwi, MT;Ir. Janti Gunawan, M.Eng.Sc.MCom IB, P.hd
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous