Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Penggunaan Metode Differential Evolution Algorithm untuk Menghitung Customer Utility yang Optimum di Supermarket X
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Penggunaan Metode Differential Evolution Algorithm untuk Menghitung Customer Utility yang Optimum di Supermarket X
Edition
Call Number 2011/I/14
ISBN/ISSN
Author(s) Teguh Setiawan
Subject(s) Customer Utility
Differential Evolution
Supermarket
Classification 658.562
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2011
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Perkembangan teknologi dan kelebihan dalam berpikir, membuat manusia mampu belajar dari alam. Salah satu perkembangan itu adalah terjadi pada ilmu komputer dengan munculnya algoritma evolusioner. Perkembangan ilmu pengetahuan menuntut para peneliti untuk menemukan metode evolusioner baru yang lebih baik, salah satunya adalah ditemukannya Algoritma Differential Evolution (DE) oleh Price dan Storn (1995). Metode ini digunakan untuk banyak masalah optimasi dan estimasi parameter antara lain estimasi peremater customer utility. Didalam teori ekonomi, customer utility merupakan suatu ukuran relatif dari kepuasan pelanggan. Customer utility ini terjadi di bidang retail. Permasalahan retail modern mengenai customer utility terjadi di retail-retail Indonesia, misalnya supermarket. Masalah customer utility ini dapat diselesaikan dengan mengestimasi parameternya, yaitu messaging, pricing, recency dan frequency. Untuk mendapatkan semua parameter tersebut digunakan metode Differential Evolution dengan parameter CR=0.3 dan F=0.9. Sehingga didapatkan nilai parameternya secara berturut-turut adalah 2.2408, -0.8166, -0.8406, dan 3.49. dengan menggunakan parameter tersebut akan didapatkan perkiraan nilai keuntungan sebesar Rp.240.720,00 dari 104 pelanggan. Kata kunci : customer utility, differential evolution, supermarket, katalog
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Dr.Ir. Patdono Suwignjo, M.Eng.Sc.;Dr.Ir. Budi Santosa, MS.
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous