Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Perancangan Model Kompetensi Entrepreneur Mahasiswa Sebagai Standar Penilaian Seleksi PMW Melalui Pendekatan BEI dan ANP ( Study kasus di ITS - Surabaya )
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Perancangan Model Kompetensi Entrepreneur Mahasiswa Sebagai Standar Penilaian Seleksi PMW Melalui Pendekatan BEI dan ANP ( Study kasus di ITS - Surabaya )
Edition
Call Number 2011/I/18
ISBN/ISSN
Author(s) Desy Puspitasari
Subject(s) Analytic Network Process
Behavioural Event Interview
Decision Making Trial and Evaluation Laboratory
Classification 658.403 3
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2011
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) yang telah dijalankan oleh pihak ITS sejak tahun 2009 belum memberikan hasil yang optimal, hanya 15% tim yang dikategorikan sukses. Salah satu faktor penyebabnya adalah sistem seleksi yang hanya didasarkan pada business plan tanpa dilakukan seleksi pada kompetensi calon penerima dana. Rancangan model kompetensi entrepreneur mahasiswa di ITS diharapkan dapat memperbaiki sistem seleksi tersebut. Penelitian ini diawali dengan melakukan kajian terhadap para penerima dana PMW 2009untuk mengklasifikasikan seluruh penerima dana ke dalam tim sukses dan tidak.Tahap selanjutnya adalah Behavioural Event Interview (BEI), Uji-T, Decision Making Trial and Evaluation Laboratory (DEMATEL) dan Analytic Network Process (ANP) untuk mengidentifikasi kompetensi superior beserta bobot kepentingannya. Tahap terakhir adalah validasi model kompetensi entrepreneur mahasiswa. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan model kompetensi entrepreneur mahasiswa yang terdiri atas 15 kompetensi superior. Kompetensi beserta bobotnya adalah sebagai berikut, komunikasi internal 0.346,monitoring 0.259, passion 0.177,intuisi 0.059, percaya diri 0.047, pemecah masalah 0.03, kredibilitas-integritas 0.028, hubungan bisnis 0.0095, keahlian 0.0095, inisiatif 0.009, pemikir sistematis 0.0061, pencarian informasi 0.0041, melihat dan memanfaatkan peluang 0.0015, orientasi efisiensi 0.000735. Berdasarkan hasil validasi terbukti bahwa nilai kompetensi terbobot sebanding dengan kesuksesan bisnis para penerima dana PMW. Kata kunci: Kompetensi Entrepreneur, Program Mahasiswa Wirausaha (PMW), Behavioural Event Interview (BEI), Decision Making Trial and Evaluation Laboratory (DEMATEL), dan Analytic Network Network (ANP).
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing DR.Ir. Patdono Suwignjo, M.Eng.Sc.;Ir. Lantip Trisunarno, MT
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous