Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Analisa Willingness-To - Pay Sektor Industri Bagi Penggunaan Air Sungai Brantas Menggunakan Pendekatan Fuzzy-MCDM ( Studi Kasus: Daerah Aliran Brantas, Jawa Timur )
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Analisa Willingness-To - Pay Sektor Industri Bagi Penggunaan Air Sungai Brantas Menggunakan Pendekatan Fuzzy-MCDM ( Studi Kasus: Daerah Aliran Brantas, Jawa Timur )
Edition
Call Number 2011/I/19
ISBN/ISSN
Author(s) Dwi Rismala Santi
Subject(s) Fuzzy - MCDM
Classification 658.403
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Inggris
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2011
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Sungai Brantas merupakan salah satu kawasan pemukiman utama di Jawa Timur. Dengan panjang ± 320 km dan memiliki Daerah Aliran Sungai (DAS) seluas ± 12.000 km2, banyak penduduk dan sektor industri yang memanfaatkan wilayah ini sebagai tempat bermukim. Berkembangnya kegiatan penduduk dan industri di sepanjang DAS Sungai Brantas dapat mempengaruhi kualitas dari sungai ini sendiri. Air dari Sungai Brantas dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan, seperti pertanian, air minum, pembangkit, maupun sebagai tempat pembuangan limbah rumah tangga maupun industri. Jasa Tirta selaku pengelola resmi kawasan Sungai Brantas menetapkan tarif yang disetujui oleh Pemerintah bagi industri pengguna air baku Sungai Brantas. Karena itu perlu dilakukan analisa mengenai kemampuan dalam membayar biaya penggunaan air baku bagi masing-masing industri tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai Willingness-to-Pay (WTP) yang bersedia dibayarkan oleh sektor industri dan membandingkannya dengan tarif sebenarnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Contingent Valuation Method (CVM) dan Fuzzy-MCDM untuk mengatasi permasalahan multi criteria di dalamnya. Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah nilai WTP yang didapat jauh lebih rendah daripada tarif yang berlaku saat ini, yaitu Rp. 127,00. Kata kunci : Sungai Brantas, Contingent Valuation Method, Willingness-to-Pay, Fuzzy-MCDM.
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Prof.Dr.Ir. Udisubakti Ciptomulyono,M.Eng.Sc.
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous