Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Perancangan Decision Support System (DSS) untuk Manajemen Persediaan Barang Kestasiunan (HDGO) ( studi kasus : PT. Garuda Indonesia , Tbk )
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Perancangan Decision Support System (DSS) untuk Manajemen Persediaan Barang Kestasiunan (HDGO) ( studi kasus : PT. Garuda Indonesia , Tbk )
Edition
Call Number 2011/I/26
ISBN/ISSN
Author(s) Guntur Saptha Panggabean
Subject(s) DECISION SUPPORT SYSTEM
HDGO
Classification 658.403
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2011
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info PT. Garuda Indonesia merupakan perusahaan penerbangan milik pemerintah Indonesia yang melayani penerbangan domestik dan internasional. Sebagai satu-satunya maskapai penerbangan di Indonesia yang memberikan pelayanan penuh atau “Full Service Airline”, Garuda Indonesia berkomitmen semakin meningkatkan pelayanannya kepada para pengguna jasa. Semua aktifitas penerbangan harus sesuai dengan standar dari International Air Transport Association (IATA). Beberapa material mutlak diperlukan oleh penumpang terkait prosedur penerbangan seperti barcode boarding pass (BCBP) untuk proses boarding, baggage tag thermal paper (BTTP) untuk label bagasi penumpang dan beberapa material yang lain. Saat ini kondisi persediaan di gudang cukup tinggi dan bila tidak terdapat inventory control yang baik dapat menyebabkan overstock. Akan tetapi terdapat juga beberapa material yang tidak memiliki persediaan di gudang (stockout). Terjadinya stockout ini dapat menyebabkan terganggunya proses penerbangan di bandara. Salah satu faktor yang mengakibatkan kedua hal tersebut yaitu inventory control yang belum memperhatikan pola pemakaian material. Tiap material memiliki karakteristik yang berbeda. Dari material kestasiunan yang ada, dilakukan pengelompokan material menjadi 3 kelas agar dapat membedakan kebijakan penanganan material. Setelah diklasifikasi, dilakukan perhitungan ii pengendalian persediaan material dengan menggunakan metode eksisting perusahaan, metode (s,Q) dan metode (R,s,S) untuk mengetahui parameter inventori. Dari hasil parameter tersebut didapatkan hasil service level dan biaya inventori. Perancangan Decision Support System (DSS) sangat membantu perusahaan dalam membuat keputusan berkaitan dengan strategi perencanaan pengadaan material kestasiunan. Kata Kunci: Inventory control, (R,s,S) System, Decision Support System
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Prof.Dr.Ir. Suparno, MSIE
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous