Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Pemodelan Consumer Acceptance Terhadap Produk Pengganti Tas Plastik dengan Metode SEM (Studi kasus : Konsumen Ritel di Surabaya
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Pemodelan Consumer Acceptance Terhadap Produk Pengganti Tas Plastik dengan Metode SEM (Studi kasus : Konsumen Ritel di Surabaya
Edition
Call Number 2011/I/48
ISBN/ISSN
Author(s) Leonardus Lerdy Pratama
Subject(s) Structural Equation Modeling (SEM)
Classification 658.3
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2011
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Data menunjukkan bahwa penggunaan tas plastik sangat tinggi. Untuk membuat plastik dibutuhkan minyak dan pohon sebagai bahan baku dasarnya. Sementara itu pembuangannya dapat menciptakan polusi jika dibakar dan hanya dapat terurai dalam waktu yang dapat terurai dalam waktu yang sangat lama. Kondisi ini memunculkan sebuah wacana dimana tas plastik yang berada di pasaran diganti dengan tas yang ramah lingkungan (tas biodegradable), tas kain dan tas kertas. Penggantian tas plastik dengan tas pengganti telah dilakukan di berbagai negara seperti Singapura, Hongkong, Cina, Belgia, Australia dan masih banyak negara lainnya. Di Indonesia, pemerintah sudah mengeluarkan UU No 18/2008 tentang pengolahan sampah. Undang - undang ini mengharapkan agar masyarakat dan produsen mendaur ulang sampah sehingga lingkungan menjadi lebih bersih serta menghimbau pengusaha ritel untuk membatasi penggunaan tas plastik. Sejalan dengan peraturan tersebut, upaya pengurangan tas plastik telah diinisasi di berbagai ritel dan pusat perbelanjaan seperti Carrefour, Superindo, Giant, Indomaret. Strategi yang digunakan adalah disediakannya produk pengganti tas plastik yaitu tas kain, tas kertas dan tas plastik biodegradable yang lebih ramah lingkungan. Penilitian ini bertujuan untuk menggambarkan penerimaan konsumen (consumer acceptance) produk pengganti tas plastik melalui pendekatan Structural Equation Modeling (SEM). Penelitian dilakukan untuk responden yang tidak mengetahui dan responden yang mengetahui adanya produk pengganti tas plastik. Untuk konsumen yang tidak mengetahui adanya produk pengganti faktor yang paling mempengaruhi kesediaan konsumen terhadap penggunaan produk pengganti tas plastik adalah garansi produk, sedangkan untuk konsumen yang mengetahui produk pengganti faktor yang paling mempengaruhi kesediaan konsumen untuk menggunakannya adalah ketersediaan produk. Kata kunci : Tas plastik, consumer acceptance, produk pengganti tas plastik,Structural Equation Modeling (SEM).
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Dr. Maria Anityasari, ST, ME
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous