Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Evaluasi Faktor Lingkungan Fisik dan K3 dengan Ergonomic Assessment pada Pembuatan Waterwall Panel ( studi kasus : PT. Alstom Power Esi )
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Evaluasi Faktor Lingkungan Fisik dan K3 dengan Ergonomic Assessment pada Pembuatan Waterwall Panel ( studi kasus : PT. Alstom Power Esi )
Edition
Call Number 2011/I/57
ISBN/ISSN
Author(s) Larasati Meyta Devi
Subject(s) Ergonomic Assessment
Health and Work Safety
Classification 620.82
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2011
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Salah satu komponen boiler yang diproduksi oleh PT.Alstom adalah waterwall panel atau dinding boiler. Pada kondisi eksisting, output aktual waterwall panel tidak mencapai target sehingga perusahaan mengambil kebijakan untuk meningkatkan intensitas kerja operator. Peningkatan intensitas kerja berarti peningkatan resiko bahaya sehingga perlu dilakukan evaluasi untuk mengetahui kemampuan operator dalam mencapai target output. Evaluasi yang dilakukan adalah ergonomic assesment terhadap faktor lingkungan fisik kerja dan K3, yaitu risk analysis, beban kerja fisik, beban kerja mental, postur kerja, dan keluhan kerja. Berdasarkan hasil ergonomic assessment, diketahui bahwa sebagian besar operator tidak mampu mencapai target output. Rekomendasi perbaikan yang diberikan berupa waktu istirahat selama 5.2 menit setelah melakukan pekerjaan selama 19.23 menit dan perubahan jumlah shift dari 2 shift menjadi 3 shift per hari. Hasil worksampling menunjukkan bahwa operator lebih banyak bekerja daripada idle. Kata kunci : Ergonomic Assessment, Kesehatan dan Keselamatan Kerja, Waterwall Panel, Worksampling ABSTRACT One of boiler’s components in which PT.Alstom produces is waterwall
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Ir. Sritomo Wignjosoebroto, MSc.
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous