Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Perbaikan Kualitas Layanan dengan Pendekatan Terintegrasi Servqual, Lean dan Six Sigma ( studi kasus : PT. Perusahaan Gas Negara , Tbk)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Perbaikan Kualitas Layanan dengan Pendekatan Terintegrasi Servqual, Lean dan Six Sigma ( studi kasus : PT. Perusahaan Gas Negara , Tbk)
Edition
Call Number 2011/I/58
ISBN/ISSN
Author(s) Yaumul Alfin
Subject(s) Quality, Lean dan Six Sigma
Classification 658.5
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2011
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info PT. Perusahaan Gas Negara.Tbk (PGN), merupakan perusahaan yang bergerak disektor gas, khususnya pada layanan distribusi dan trasmisi gas alam yang didistribusikan keperusahaan, sektor komersil dan rumah tangga. PGN selalu berupaya agar produk layanan distribusi gas yang diberikan, memiliki kualitas baik, sesuai dengan harapan, dan memuaskan customer. Penelitian ini difokuskan kepada pelanggan industri dan pembangkit, hal ini karena omset pada pelanggan tersebut 97% dari omset keseluruhan dan tingkat E-Quality terendah. Permsalahan yang dihadapi perusahaan adalah inefisiensi pada proses peningkatan pelayanan yang disebabkan oleh banyaknya waste (pemborosan) dan non-value added activity dan kesulitan mendefiniskan atribut yang penting bagi pelanggan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah merupakan penggabungan dari konsep servqual, lean dan sigma. Tahapan penelitian mengikuti siklus DMAI tanpa melakukan Control. Dan berdasarkan hasil penelitian ditemukan dua waste kritis, yaitu defect dan waiting, melalui RCA dan FMEA ditemukan empat alternatif perbaikan dengan kombinasinya. Alternatif terbaik yang dipilih berdasarkan value tertinggi adalah pembersihan membran, training pekerja lapangan dan kendaraan operasional dibawah pulang. Kata Kunci: Kualitas, Customer, Servqual Lean, Six Sigma, Waste, FMEA, Defect, Waiting
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Ir. Hari Supriyanto, MSIE
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous