Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Perancangan Alat Tangkap Lobster dengan Pendekatan Quality Function Deployment (QFD) dan Function Analysis System Technique (FAST) serta Manfaatnya terhadap Klaster Industri Perikanan ( Studi Kasus : Komunitas Nelayan Paciran )
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Perancangan Alat Tangkap Lobster dengan Pendekatan Quality Function Deployment (QFD) dan Function Analysis System Technique (FAST) serta Manfaatnya terhadap Klaster Industri Perikanan ( Studi Kasus : Komunitas Nelayan Paciran )
Edition
Call Number 2011/II/01
ISBN/ISSN
Author(s) Felayati, Mohammad Ali Akbar
Subject(s) QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT
Function Analysis Technique
Classification 658.562 Fel p
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2011
Publishing Place Surabaya
Collation 20 cm
Abstract/Notes Kata Kunci : Alat Tangkap Lobster spesifik, QFD, FAST, Value dan Pengaruh Klaster
Specific Detail Info Permasalahan teknologi tangkap nelayan merupakan salah satu faktor utama penyebab lemahnya daya saing bangsa di dunia perikanan. Minimnya penelitian pengembangan alat tangkap yang aplikatif di bidang industri penangkapan komoditas laut mengakibatkan stagnasi kuantitas penangkapan produk laut dan penggunaan bahan-bahan berbahaya yang lebih instan. Salah satu komoditas laut yang menjadi unggulan adalah Lobster. Lobster memiliki nilai jual tinggi akan tetapi eksplorasinya masih minim karena tidak adanya alat tangkap yang spesifik. Wilayah Paciran adalah salah satu wilayah pesisir Laut Jawa dengan komoditas tangkap lobster tersebut. Pada saat musim lobster tiba, alat tangkap yang digunakan terbatas pada alat tangkap berupa bubu dan jaring yang bukan merupakan alat tangkap lobster. Mengacu pada permasalahan di atas, maka dilakukan penelitian untuk mendesain alat tangkap spesifik untuk menangkap lobster yang sesuai dengan ukuran perahu kecil nelayan Paciran. Perancangan alat tangkap lobster dilakukan dengan metode Quality Function Deployment (QFD) untuk mendapatkan kebutuhan nelayan dan Function Analysis System Technique (FAST) untuk mengembangkan kekuatan teknis berupa fungsi yang lebih detail dan spesifik. Minimasi cost yang dikeluarkan dalam proses pembuatan alat dilakukan pada tahap menginovasi dengan metode FAST berdasarkan komponen dengan cost terbesar dengan menggunakan pendekatan analisis value. Alat yang telah dihasilkan kemudian diprediksi pengaruhnya terhadap kinerja klaster industri perikanan dengan menggunakan causal loop diagram untuk mengetahui indikator-indikator kinerja yang berubah. Dalam penelitian ini, didapatkan alat tangkap lobster spesifik yang secara prinsip telah memenuhi kriteria alat tangkap pasif dan mampu menangkap lobster secara spesifik. Kata Kunci : Alat Tangkap Lobster spesifik, QFD, FAST, Value dan Pengaruh Klaster
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Dr.Ir. Sri Gunani Partiwi, MT.
Volume
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous