Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Model Pembinaan dan Pengembangan Kemampuan Inovasi Produk dan Peran Intermediary pada UMKM Kerajinan dengan Pendekatan Structural Equation Modeling (SEM)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Model Pembinaan dan Pengembangan Kemampuan Inovasi Produk dan Peran Intermediary pada UMKM Kerajinan dengan Pendekatan Structural Equation Modeling (SEM)
Edition
Call Number 2011/11
ISBN/ISSN
Author(s) Taufiqurrahman
Subject(s) Structural Equation Modeling
Micro Small Medium Enterprises
Product Innovation Capabilities
Classification 658,314 Tau m
Series Title
GMD Tesis
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2011
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes Kata Kunci: Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), Kemampuan Inovasi Produk, Peran Intermediary, Structural Equation Modeling (SEM)
Specific Detail Info Sebagian besar UMKM di Indonesia menghasilkan produk dengan kualitas rendah karena kurangnya kemampuan inovasi. Tampaknya lemahnya kemampuan inovasi pada UMKM salah satunya dapat disebabkan oleh lemahnya peran perantara (intermediary) dari pemerintah untuk meningkatkan kemampuan inovasi produk pada UMKM, dalam rangka untuk meningkatkan daya saing mereka. Menurut Lee et al (2010), peran perantara (intermediary) dalam industri skala kecil dan menengah ditemukan memiliki peranan yang sangat penting dalam meningkatkan kapasitas inovasi di negara-negara maju, namun di Indonesia penelitian dan survei belum dilakukan secara serius, namun apakah peran ini memiliki dampak yang sama seperti dibandingkan dengan industri skala kecil dan menengah di negara maju. Penelitian ini mengusulkan untuk mempelajari dan mengidentifikasi faktor-faktor apa yang mempengaruhi kemampuan inovasi produk dan mengukur seberapa besar peran penting perantara (intermediary) dalam meningkatkan kemampuan inovasi pada UMKM khususnya industri kerajinan tradisional di Indonesia. Untuk melakukannya, Struktural Equation Modeling (SEM) adalah suatu bentuk pendekatan yang dipilih sebagai model konfirmasi yang mampu menguji faktor-faktor kualitatif dan kuantitatif dari pengaruh dan signifikansi hubungan antara variabel laten dan faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan inovasi produk, penelitian ini diusulkan untuk dapat diimplementasikan. Berdasarkan t-value hasil penelitian diperoleh faktor-faktor yang signifikan mempengaruhi kemampuan inovasi produk (KIP) yaitu peran intermediary (PI) sebesar 2,23 dan orientasi pasar (OPS) sebesar 3,02, sedangkan faktor-faktor yang pengaruhnya tidak signifikan yaitu orientasi pembelajaran (OP) sebesar 0,45, kemampuan pimpinan (KP) sebesar 0,48, dan teknologi informasi pemasaran (TIP) sebesar -0,26. Adapun peran intermediary (PI) memiliki pengaruh yang sangat signifikan terhadap Orientasi Pembelajaran (13,36), Kemampuan Pimpinan (9,37), Teknologi Informasi Pemasaran (10,24), dan Orientasi Pasar (12,85). Kata Kunci: Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), Kemampuan Inovasi Produk, Peran Intermediary, Structural Equation Modeling (SEM)
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Prof. Dr.Ir. Udisubakti Ciptomulyono, M.Eng.Sc.; Dr.Ir. Janti Gunawan, M.Eng.Sc.
Volume
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous