Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Model Efektivitas Knowledge Transfer Perguruan Tinggi untuk Meningkatkan Competitive Advantage Industri Kecil dan Menengah (IKM) Logam dengan Pendekatan Structural Equation Modeling (SEM)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Model Efektivitas Knowledge Transfer Perguruan Tinggi untuk Meningkatkan Competitive Advantage Industri Kecil dan Menengah (IKM) Logam dengan Pendekatan Structural Equation Modeling (SEM)
Edition
Call Number 2011/12
ISBN/ISSN
Author(s) Khoiriyah, Nuzulia
Subject(s) COMPETITIVE ADVANTAGE
Structural Equation Modeling
Knowledge Transfer
Classification 658,314 Kho m
Series Title
GMD Tesis
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2011
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes Kata Kunci: IKM, Knowledge transfer, competitive advantage, SEM
Specific Detail Info Perkembangan IKM di Indonesia tidak terlepas dari permasalahan seperti : keterbatasan modal, SDM, teknologi yang dimiliki, pemasaran, persaingan dengan produk sejenis dari luar negeri. Perguruan tinggi (PT) sebagai pusat ilmu pengetahuan dan teknologi sudah seharusnya turut serta dalam membantu menyelesaikan persoalan IKM. Hal tersebut sesuai dengan Tri Dharma perguruan tinggi, penelitian dan pengabdian pada masyarakat.Peran PT dalam memberdayakan IKM lebih ditekankan pada transfer ilmu pengetahuan (knowledge transfer). Knowledge transfer di Indonesia belum berkembang dengan baik, dikarenakan : fasilitas yang minim, PT lebih menitikberatkan aktivitas pembelajaran dibanding aktivitas riset, serta hasil riset PT yang kurang berdaya guna bagi IKM. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor – faktor apa saja yang mempengaruhi efektivitas dari knowledge transfer PT terhadap IKM, mengetahui apakah ada pengaruh efektivitas knowledge transfer terhadap keunggulan kompetitif IKM serta mengembangkan model efektivitas knowledge transfer PT untuk meningkatkan keunggulan kompetitif IKM. Responden pada penelitian adalah pelaku IKM logam di daerah Waru, Sidoarjo dan Ceper, Klaten. Penelitian menggunakan pendekatan SEM dengan software LISREL 8.50. Dilakukan pengujian terhadap 10 variabel laten yang terdiri dari 8 variabel independent dan 2 variabel dependent, untuk mengetahui pengaruh efektivitas knowledge transfer terhadap keunggulan kompetitif IKM. Hasil penelitian menunjukkan faktor yang berpengaruh terhadap efektivitas knowledge transfer PT - IKM : karakteristik dan perspektif perguruan tinggi, karakteristik dan perspektif industri, dukungan infrastruktur, tipe knowledge. Faktor yang tidak berpengaruh terhadap efektivitas knowledge transfer adalah mekanisme knowledge transfer, proses kontrol dan kepemimpinan. Faktor ketidakpastian lingkungan dan efektivitas knowledge transfer terbukti berpengaruh terhadap competitive advantage IKM. Pengujian menyatakan bahwa model kurang fit dalam menggambarkan efektivitas knowledge transfer PT untuk meningkatkan competitive advantage IKM logam sehingga perlu dilakukan modifikasi model. Hasil modifikasi menunjukkan model cukup fit . Kata Kunci: IKM, Knowledge transfer, competitive advantage, SEM
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Prof. Dr.Ir. Udisubakti Ciptomulyono, M.Eng.Sc.; Ir. Hari Supriyanto, MSIE
Volume
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous