Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Disain Layanan Kendaraan Umum untuk Wanita Berbasis Fuzzy Quality Function Deployment (QFD)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Disain Layanan Kendaraan Umum untuk Wanita Berbasis Fuzzy Quality Function Deployment (QFD)
Edition
Call Number 2011/15
ISBN/ISSN
Author(s) Prihono
Subject(s) Public Transportation
Fuzzy, QFD
Classification 658.562 Pri d
Series Title
GMD Tesis
Language Indonesia
Publisher Ajanta Publications
Publishing Year 2011
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes Keyword : kendaraan umum, model Kano, fuzzy, QFD.
Specific Detail Info Konsumen kendaraan umum didominasi oleh penumpang wanita. Namun kualitas layanan yang diberikan oleh penyelenggara layanan kendaraan umum masih mengabaikan kebutuhan wanita. Dengan kondisi ini, yang perlu diperhatikan adalah upaya-upaya untuk meningkatkan kepuasan layanan yang ditujukan kepada penumpang wanita. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kebutuhan sistem layanan kendaraan umum untuk penumpang wanita, membandingakan sistem layanan kendaraan umum pada umumnya dengan sistem layanan kendaraan umum yang berorientasi pada gender (penumpang wanita), dan merancang sistem layanan kendaraan umum untuk penumpang wanita. Penelitian ini dimulai dengan mengidentifikasi Voice of Customer dengan menggunakan metode Kano, yaitu dengan memberikan pertanyaan functinal dan dysfunctional kepada responden. Selanjutnya digunakan metode fuzzy untuk mengurangi subyektivitas dari jawaban responden, yang selanjutnya diklasifikasikan masing-masing atribut ke dalam kategori Kano yaitu : kategori must be, one dimensional, attractive,dan indifferent. Untuk mendesain system layanan, maka digunakan metode Quality Function Deployment (QFD). Analisa dengan Quality Function Deployment (QFD), didapat 11 (sebelas) kriteria kebutuhan layanan VoC (Voice of Customer) dan 21 (dua puluh satu) atribut respon teknis yang digunakan untuk mendesain sistem layanan. Perhitungan untuk VoC untuk bis penumpang wanita, nilai tertinggi pada atribut keamanan dengan skor 11,67. Untuk itu, hal yang bisa diusahakan yaitu dengan diberikanya tempat informasi dan pengaduan di halte maupun di terminal. Keyword : kendaraan umum, model Kano, fuzzy, QFD.
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Prof.Dr.Ir. Suparno, MSIE; Dr.Ir. Sri Gunani Partiwi, MT
Volume
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous