Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Perancangan Model Pengukuran Kinerja Corporate Social Responsibility Berdasarkan Integrasi Model Pengukuran Kinerja Prism dan Sustainability Resporting Guidelines Global Reportting Initiative ( Studi Kasus : PT. Semen Gresik (Persero), Tbk)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Perancangan Model Pengukuran Kinerja Corporate Social Responsibility Berdasarkan Integrasi Model Pengukuran Kinerja Prism dan Sustainability Resporting Guidelines Global Reportting Initiative ( Studi Kasus : PT. Semen Gresik (Persero), Tbk)
Edition
Call Number 2011/18
ISBN/ISSN
Author(s) Rahmadhani, Aulia
Subject(s) CSR
Performance Measurement
Classification 658.151 1 Rah p
Series Title
GMD Tesis
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2011
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes Kata kunci : Pengukuran kinerja, CSR, PRISM, SRG GRI, KPI CSR
Specific Detail Info Model pengukuran kinerja Corporate Social Responsibility (CSR) yang seringkali digunakan perusahaan adalah sustainability reporting guidelines global reporting initiative (SRG GRI). Pelaksanaan pengukuran kinerja CSR didasarkan pada pengungkapan informasi atas penggunaan tujuh puluh sembilan item indikator-indikator kinerja GRI sebagai bentuk kontribusi perusahaan menjaga konsistensi keberlangsungan konsep triple bottom lines. Namun, indikator-indikator kinerja dalam SRG GRI memiliki keterbatasan dalam melaporkan keterlibatan stakeholders di dalam kegiatan CSR perusahaan. Selain itu, dalam merumuskan kegiatan CSR hanya didasari pada stakeholder requirement sedangkan dari sisi stakeholder contribution pada perusahaan belum menjadi landasan ukuran keberhasilan kinerja CSR. Oleh karena itu, diperlukan penggunaan model/konsep lain dari pengukuran kinerja yang dapat mengakomodasikan tidak hanya keinginan stakeholder tetapi juga kontribusi stakeholder. Berdasarkan kebutuhan tersebut, maka dipilihlah model pengukuran kinerja PRISM untuk melengkapi SRG GRI. Dalam penelitian ini model pengukuran kinerja PRISM diintegrasikan dengan SRG GRI untuk menghasilkan model pengukuran kinerja CSR baru. Tujuan dari penelitian ini adalah mengintegrasikan model pengukuran kinerja PRISM dan SRG GRI, merumuskan key performance indicator CSR, dan menerapkan hasil integrasi model pengukuran kinerja PRISM dan SRG GRI pada perusahaan. Perancangan model yang dibuat, dilakukan penerapan di PT. Semen Gresik (Persero), Tbk, model dapat merumuskan empat puluh dua key performance indicator (KPI) CSR. Adapun perinciannya adalah stakeholder pemegang saham enam KPI CSR, stakeholder calon investor enam KPI CSR, stakeholder karyawan sebelas KPI CSR, stakeholders konsumen tujuh KPI CSR, stakeholder supplier tiga KPI CSR, stakeholder pemerintah empat KPI CSR dan stakeholder masyarakat lima KPI CSR. Validasi dilakukan untuk pengesahan hasil perumusan KPI CSR perusahaan. Kata kunci : Pengukuran kinerja, CSR, PRISM, SRG GRI, KPI CSR
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Dr.Ir. Patdono Suwignjo, M.Eng.Sc.; Ir. Lantip Trisunarno, MT
Volume
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous