Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Model Simulasi Rencana Kontinjensi Tsunami dan Pengaruh Terhadap Waktu Recovery Pasca Bencana ( Sebuah Pendekatan Sistem Dinamik )
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Model Simulasi Rencana Kontinjensi Tsunami dan Pengaruh Terhadap Waktu Recovery Pasca Bencana ( Sebuah Pendekatan Sistem Dinamik )
Edition
Call Number 2011/II/02
ISBN/ISSN
Author(s) Putra, Alfian Syafaruddin
Subject(s) System Dynamics
Recovery Time
Classification 658.403 2 Put m
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2011
Publishing Place Surabaya
Collation 20 cm
Abstract/Notes Kata Kunci: Tsunami, sistem dinamik, rencana kontinjensi, recovery time, rekonstruksi
Specific Detail Info Tsunami merupakan bencana yang menimbulkan kerusakan yang besar serta waktu kejadian yang tidak dapat diperkirakan. Hasil Deklarasi Hyogo menyatakan bahwa rencana kontinjensi merupakan upaya mitigasi yang harus direncanakan oleh negara rawan bencana Tsunami. Adanya perencanaan kontinjensi menjadikan perlu adanya identifikasi variabel dari yang mampu mempercepat pemulihan keadaan pasca bencana. Penelitian ini bertujuan membangun model simulasi rencana kontinjensi bencana Tsunami guna memprediksi waktu recovery, serta menciptakan skenario untuk mempercepat waktu recovery berdasarkan hasil simulasi model yang telah divalidasi. Kompleksitas interaksi antar variabel dan perilaku sistem pasca terjadinya bencana Tsunami mendasari pemilihan metode sistem dinamik untuk menyelesaikan permasalahan. Berdasarkan model konseptual causal loops diagram, diperoleh variabel-variabel perencanaan kontinjensi yang berpengaruh serta mampu mempercepat waktu recovery bencana Tsunami. Dari hasil simulasi model sistem dinamik didapatkan simpulan bahwa kemampuan rekonstruksi fasilitas merupakan variabel yang paling berpengaruh terhadap lama waktu recovery. Kata Kunci: Tsunami, sistem dinamik, rencana kontinjensi, recovery time, rekonstruksi
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Prof.Dr.Ir. Budisantoso Wirdjodirjo, M.Eng.
Volume
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous