Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Perancangan Portable Conveyor untuk Meningkatkan Efisiensi Proses Material Handling ( Bongkar Muat PT. Petrokimia Gresik )
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Perancangan Portable Conveyor untuk Meningkatkan Efisiensi Proses Material Handling ( Bongkar Muat PT. Petrokimia Gresik )
Edition
Call Number 2011/II/06
ISBN/ISSN
Author(s) Prinkadiyanti
Subject(s) Product Design and Development
Portable Conveyor
Classification 658.575 2 Pri p
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2011
Publishing Place Surabaya
Collation 20 cm
Abstract/Notes Kata kunci : Perancangan dan Pengembangan Produk, Portable conveyor, Quality Function Deployment.
Specific Detail Info Proses bongkar muat pada PT. Petrokimia Gresik merupakan salah satu kegiatan yang berpengaruh pada produktivitas perusahaan. Pada kenyataannya, kondisi proses bongkar muat gudang pada open storage PT. Petrokimia Gresik tidak produktif. Hal ini disebabkan oleh kinerja buruh pada pemindahan pupuk dan biaya yang dikeluarkan untuk proses bongkar muat. Proses bongkar muat eksisting menggunakan bantuan forklift dan pallet, dalam prosesnya buruh memindahkan pupuk satu per satu dari stapel (tumpukan pupuk) ke pallet kemudian forklift memindahkan ke truk untuk ditata. Pada kondisi ini terdapat banyak kelemahan, waktu yang terbuang ketika buruh idle, biaya pallet, dan pupuk yang defect karena jatuh. Maka diperlukan alternatif alat yang bertujuan untuk meningkatkan produktivitas proses bongkar muat pupuk yang memudahkan buruh dan memberi keuntungan pada perusahaan untuk mengurangi biaya proses bongkar muat. Alat ini adalah portable conveyor yang bertujuan untuk memindahkan pupuk dari stapel ke truk tanpa harus melalui proses penataan pallet. Perancangan portable conveyor menggunakan metode Quality Function Deployment yang bertujuan untuk menerjemahkan keinginan konsumen (PT. Petrokimia Gresik) untuk alat portable conveyor. Dengan perancangan portable conveyor, waktu yang digunakan untuk melakukan proses bongkar muat untuk 1 truk berkurang 50%, sedangkan biaya proses bongkar muat dari Rp. 646.272.250,00 per tahun menjadi sebesar Rp. 841.197.250,00 seiring dengan frekuensi proses bongkar muat naik sebesar 50%. Kata kunci : Perancangan dan Pengembangan Produk, Portable conveyor, Quality Function Deployment.
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Dr.Ir. Sri Gunani Partiwi, MT; Yudha Prasetyawan, ST, M.Eng
Volume
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous