Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Pengendalian Persediaan Material Trasnformator (Trafo) pada Sistem Dua Eselon dengan Pendekatan (R,s,S) Periodic Review ( Studi Kasus : PT. PLN (PERSERO) Area Bali Selatan )
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Pengendalian Persediaan Material Trasnformator (Trafo) pada Sistem Dua Eselon dengan Pendekatan (R,s,S) Periodic Review ( Studi Kasus : PT. PLN (PERSERO) Area Bali Selatan )
Edition
Call Number 2011/II/07
ISBN/ISSN
Author(s) Vivihapsari, Astami
Subject(s) Spare Part
Artificial Neural Network Monte Carlo
Classification 658,787 Viv p
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2011
Publishing Place Surabaya
Collation 20 cm
Abstract/Notes Kata kunci: Spare Part, Artificial Neural Network, Montecarlo, (R, s, S) Periodic Review
Specific Detail Info Manajemen persediaan yang baik dapat mengakomodasi permintaan yang sifatnya fluktuatif serta dapat menjadi media penghematan biaya bagi perusahaan (Pujawan, 2005). Namun ketika, Perusahaan menerapkan sistem manajemen pergudangan lebih dari satu eselon (Multi Echelon Inventory System), maka sistem persediaan spare part akan menjadi lebih rumit. PT. PLN (Persero) merupakan satu-satunya perusahaan milik negara yang bergerak di bidang penyedia layanan listrik. Mengingat kebutuhan masyarakat akan listrik yang bersifat vital, kinerja jaringan listrik harus beroperasi secara optimal. Untuk mendukung kinerja jaringan tersebut,diperlukan sistem pengendalian dan perencanaan material yang baik untuk mengantisipasi terjadinya stock out. Objek amatan dalam penelitian ini akan difokuskan pada material Trafo. Metode yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah model (R, s, S) Periodic Review. Mengingat pentingnya pengetahuan akan demand yang akan datang, maka akan diajukan dua metode forecast yang berbeda, yaitu Simulasi Montecarlo ii dan Artificial Neural Network. Dari hasil pengolahan data, diperoleh kesimpulan bahwa output demand Simulasi Montecarlo memberikan hasil peramalan yang lebih baik, dan Sistem Persediaan (R,s,S) Periodic Review terbukti mampu memberikan service level target yang diinginkan perusahaan. Kata kunci: Spare Part, Artificial Neural Network, Montecarlo, (R, s, S) Periodic Review
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Nani Kurniati, ST, MT; Ir. Budi Santosa, MSc.Ph.D
Volume
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous