RECORD DETAIL
Back To Previous
Back To Previous
Title | Development Of High Rise Building Fire Emergency Educational Game |
Edition | |
Call Number | 2011/II/19 |
ISBN/ISSN | |
Author(s) | Winadi, I Komang Artha |
Subject(s) | High Rise Building Educational Game Fire |
Classification | 620,82 Win d |
Series Title | GMD | Tugas Akhir |
Language | Inggris |
Publisher | Jurusan Teknik Industri FTI-ITS |
Publishing Year | 2011 |
Publishing Place | Surabaya |
Collation | 20 cm |
Abstract/Notes | Kata kunci: Kebakaran, Gedung Bertingkat, Game Edukasi, Perilaku Manusia, Prosedur Standar Evakuasi, Evaluasi Heuristic |
Specific Detail Info | Kebakaran di gedung bertingkat menyimpan ancaman signifikan bagi kehidupan manusia, terutama bagi mereka yang tinggal dan melakukan kegiatan sehari-hari digedung bertingkat. Dalam lingkungan yang penuh sesak telah diamati bahwa sebagian besar korban terluka dan terbunuh oleh apa yang disebut perilaku non adaptif manusia dan bukan oleh penyebab bencana itu sendiri. Untuk menghindari kondisi ini, prosedur standar evakuasi pada gedung bertingkat tidak boleh menjadi sekedar informasi saja, tetapi juga pengetahuan yang terlatih secara baik. Salah satu solusi umum untuk mentransfer pengetahuan ini adalah dengan melakukan latihan evakuasi. Namun,latihan evakuasi mempunyai kelemahannya sendiri, yaitu kerugian penghuni dan kurangnya unsur realitas. Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan membuat alternatif solusi dengan mengembangkan sebuah game edukasi tentang kondisi darurat kebakaran gedung bertingkat yang mempertimbangkan perilaku manusia dan prosedur standar evakuasi. Penelitian ini dimulai dengan fase pengumpulan persyaratan, yang dilakukan untuk membuat konfigurasi ideal dari game, dilanjutkan dengan desain fungsional untuk merancang scenario permainan, sistem penilaian dan sistem evaluasi. Tahap berikutnya adalah desain awal antar muka, yang merupakan fase pengembangan perangkat lunak. Setelah iv perangkat lunak selesai, tahap berikutnya adalah analisis kegunaan menggunakan evaluasi heuristic, dan fase terakhir adalah evaluasi dan saran untuk penelitian selanjutnya. Hasil dari penelitian ini adalah game edukasi darurat kebakaran di gedung bertingkat yang mempertimbangkan perilaku manusia dan prosedur standar evakuasi. Menurut analisis kegunaan, ditemukan bahwa game edukasi ini mempunyai skor rendah pada kejelasan gameplay dan skor tertinggi pada kesesuaian dengan kondisi nyata, kontribusi terhadap permasalahan darurat kebakaran dan kejelasan evaluasi permainan. Kata kunci: Kebakaran, Gedung Bertingkat, Game Edukasi, Perilaku Manusia, Prosedur Standar Evakuasi, Evaluasi Heuristic |
Image | |
File Attachment | LOADING LIST... |
Pembimbing | Arif Rahman, ST, MSc. |
Volume | |
Availability | LOADING LIST... |
Back To Previous |