Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Analisa Pengaruh Tarif Cukai Terhadap Pendapatan Negara dan Keberlangsungan Usaha Industri Rokok ( Sebuah Pendekatan Sistem Dinamik )
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Analisa Pengaruh Tarif Cukai Terhadap Pendapatan Negara dan Keberlangsungan Usaha Industri Rokok ( Sebuah Pendekatan Sistem Dinamik )
Edition
Call Number 2011/II/24
ISBN/ISSN
Author(s) Adiatma, Puja Kristian
Subject(s) SYSTEM DYNAMIC
Excise Taxes
Classification 658.403 2 Adi a
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2011
Publishing Place Surabaya
Collation 20 cm
Abstract/Notes Kata kunci : tarif cukai, sistem dinamis, keberlangsungan usaha industri rokok
Specific Detail Info Cukai merupakan salah satu sumber penerimaan negara dan berkontribusi sangat penting dalam APBN terutama sektor Penerimaan Dalam Negeri. Melihat banyaknya penerimaan yang didapat dari cukai rokok, maka pemerintah berencana untuk menaikkan tarif cukai di tahun 2011 dengan harapan penerimaan yang lebih besar daripada tahun sebelumnya. Peningkatan tarif cukai dapat menimbulkan dampak negatif pada sektor industri rokok, yaitu menjadi bangkrut dan melepas ribuan tenaga kerjanya menjadi pengangguran. Karena kebijakan tarif cukai rokok berdampak sistemik terhadap pendapatan negara dan industri rokok, maka setiap skenario kebijakan tarif cukai perlu dipikirkan dengan tepat dan menggunakan tools yang tepat pula. Selama ini telaah sistemik atas kebijakan tarif cukai rokok belum pernah terpikirkan dalam usaha memaksimalkan pendapatan negara dan tetap mendukung usaha industri rokok, sehingga dikhawatirkan kebijakan cukai yang diterapkan pemerintah cenderung tidak maksimal atau tidak memihak semua pihak (industri rokok dan pemerintah sendiri). Fungsi dari pendekatan sistem dinamik ini adalah menggambarkan model secara keseluruhan dan melakukan simulasi skenario kebijakan pemerintah. Berdasarkan penelitian ii yang dilakukan, diperoleh hasil bahwa skenario yang memberikan dampak ideal yang mendukung keberlangsungan usaha industri rokok dan penerimaan negara adalah dengan menaikkan tarif cukai per tahun sebesar 5%, 10%, dan 30%. Kata kunci : tarif cukai, sistem dinamis, keberlangsungan usaha industri rokok.
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Prof.Dr.Ir. Budisantoso Wirdjodirjo, M.Eng.; Niniet Indah Arvitrida, ST, MT
Volume
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous