Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Pengembangan Algoritma Cross Entropy untuk Penyelesaian Multi-Mode Resource Constrained Project Scheduling Problem
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Pengembangan Algoritma Cross Entropy untuk Penyelesaian Multi-Mode Resource Constrained Project Scheduling Problem
Edition
Call Number 2011/II/42
ISBN/ISSN
Author(s) Rahmawati, Aulia
Subject(s) Combinatorial Problem
Cross Entropy
Classification 658,562 Rah p
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2011
Publishing Place Surabaya
Collation 20 cm
Abstract/Notes Kata Kunci: Multi-mode resource-constrained project scheduling, Cross Entropy, problem kombinatorial, mekanisme seleksi.
Specific Detail Info Multi-mode resource-constrained project scheduling merupakan problem penjadwalan proyek dengan batasan sumber daya dan kombinasi mode. Mode merepresentasikan kombinasi penggunaan sumber daya, yang berdampak pada durasi masing-masing aktivitas. Multi-mode resource-constrained project scheduling adalah NP-hard problem sehingga cocok diselesaikan dengan metode metaheuristik. Cross entropy (CE) merupakan algoritma metaheuristik yang menggunakan sampel elite dalam memperbaharui parameternya. Sampel elite adalah sampel yang memiliki fungsi tujuan terbaik dan diambil dari populasi yang dibangkitkan. Pada penelitian ini algoritma cross entropy yang diterapkan pada problem multi-mode resource-constrained project scheduling dikombinasikan dengan mekanisme seleksi dan menghasilkan solusi makespan lebih pendek daripada cross entropy orisinil. Hasil penerapan cross entropy yang dimodifikasi dibandingkan dengan hasil algoritma differential evolution pada problem multi-mode resource-constrained project scheduling. Pada ukuran kasus 10, 12, 14, 16, 18, dan 20 aktivitas algoritma cross entropy menunjukkan hasil yang lebih baik. Pada kasus yang lebih besar, yaitu 30 aktivitas algoritma cross entropy menghasilkan solusi makespan yang sama dengan differential evolution. Kata Kunci: Multi-mode resource-constrained project scheduling, Cross Entropy, problem kombinatorial, mekanisme seleksi.
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Ir. Budi Santosa, MS, Ph.D
Volume
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous