Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Analisis Loyalitas Pasien dengan Metode Structural Equation Modeling (SEM) pada Instalasi Rawat Inap Rumah Sakit Umum Haji Surabaya
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Analisis Loyalitas Pasien dengan Metode Structural Equation Modeling (SEM) pada Instalasi Rawat Inap Rumah Sakit Umum Haji Surabaya
Edition
Call Number 2011/II/54
ISBN/ISSN
Author(s) Haqi, Levi Kharisma
Subject(s) Customer Loyalty
Structural Equation Modeling
Classification 658,3 Haq a
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2011
Publishing Place Surabaya
Collation 20 cm
Abstract/Notes Kata Kunci : Structural Equation Modeling (SEM); Loyalitas Pelanggan; Kepuasan Pelanggan.
Specific Detail Info Rumah Sakit Umum Haji Surabaya adalah Rumah Sakit milik pemerintah yang profesional dalam melayani kebutuhan kesehatan masyarakat. Kehidupan rumah sakit tergantung pada pasien yang loyal. Alasan utama diperlukan pasien loyal adalah semakin mahalnya biaya perolehan pasien baru. Untuk menciptakan loyalitas pasien, rumah sakit perlu memiliki keunggulan kompetitif yang berkelanjutan dengan membentuk kepercayaan dan citra rumah sakit yang baik. Hal inilah yang mendorong penulis melakukan penelitian mengenai loyalitas pasien pada RSU Haji khusus bagian Instalasi Rawat Inap dikarenakan tingkat keluhan yang terjadi di unit tersebut tergolong tinggi. Penelitian ini dimulai dengan penyebaran kuisioner, lalu pengolahan statistik deskriptif, dan melakukan pengujian keterkaitan antara kualitas pelayanan, kepuasan, kepercayaan, komplain, citra rumah sakit dan loyalitas pasien menggunakan Structural Equation Modeling (SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan memiliki pengaruh sebesar 0,183 dan signifikan terhadap kepuasan pasien. Variabel kepuasan memiliki pengaruh sebesar 0.230 dan signifikan terhadap citra rumah sakit. Variabel kepuasan memiliki pengaruh sebesar 0.208 dan signifikan terhadap kepercayaan. Variabel komplain memiliki pengaruh sebesar 0.357 dan signifikan terhadap kepuasan. Variabel komplain memiliki pengaruh sebesar 0.393 dan signifikan terhadap loyalitas. Variabel kualitas pelayanan memiliki pengaruh sebesar 0.328 dan signifikan terhadap loyalitas. Variabel kepercayaan, kepuasan, dan citra tidak terbukti berpengaruh langsung terhadap loyalitas pasien. Kata Kunci : Structural Equation Modeling (SEM); Loyalitas Pelanggan; Kepuasan Pelanggan.
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Naning Aranti Wessiani, ST,MM; Ir. Budi Santosa, MS.Ph.D
Volume
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous