Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Optimasi Pengadaan dan Pendistribusian Beras dengan Menggunakan Linear Programming dan Mempertimbangkan Hasil Panen ( Studi Kasus: Perum Bulog Sub Divisi Regional I Surabaya Utara)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Optimasi Pengadaan dan Pendistribusian Beras dengan Menggunakan Linear Programming dan Mempertimbangkan Hasil Panen ( Studi Kasus: Perum Bulog Sub Divisi Regional I Surabaya Utara)
Edition
Call Number 2011/II/64
ISBN/ISSN
Author(s) Hudani, Sabrina
Subject(s) LINEAR PROGRAMMING
Optimization
Classification 519,72 Hud o
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2011
Publishing Place Surabaya
Collation 20 cm
Abstract/Notes Kata Kunci: Optimasi, Pengadaan, Linear Programming, Time Series ARIMA, Regresi.
Specific Detail Info Dalam memperkuat ketahanan pangan, dilakukan peningkatan ketersediaan pangan baik melalui proses produksi dalam negeri maupun impor. Oleh karena itu, pemerintah mendirikan suatu badan tersendiri yang menangani masalah pangan, yaitu Perum BULOG. Alokasi pengadaan beras pada Perum BULOG berdasarkan penggunaannya terdiri dari tiga bagian, yaitu Beras Miskin (RASKIN), Cadangan Beras Pemerintah (CBP), dan Operasi Pasar Murni (OPM). Untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat Indonesia, BULOG perlu mengoptimalkan persediaan beras dalam gudangnya agar tidak terjadi stock out. Optimalisasi persediaan ini dapat dilakukan dengan mengaplikasikan salah satu metode optimasi, yaitu linear programming. Linear programming merupakan salah satu metode untuk menghasilkan solusi yang optimal. Dalam penelitian ini, linear programming bertujuan untuk memenuhi kebutuhan beras dan meminimalkan biaya distribusi. Selain itu, penelitian ini juga mempertimbangkan peramalan produksi padi dan kebutuhan beras di masa mendatang. Teknik peramalan dalam penelitian ini menggunakan metode regresi linier dan ARIMA. Dari hasil running LINGO didapatkan total biaya distribusi optimal selama tahun 2011 sebesar Rp 879.823.000.000,00 dimana total biaya ini lebih rendah dibandingkan dengan pragnosa perusahaan. Kata Kunci: Optimasi, Pengadaan, Linear Programming, Time Series ARIMA, Regresi.
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Prof. Dr.Ir. Suparno, MSIE
Volume
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous