Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Analisa Life Cycle Assessment (LCA) dan Life Cycle Cost (LCC) pada Pemasaran Online dan Offline pada Produk Kustomisasi Kaos
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Analisa Life Cycle Assessment (LCA) dan Life Cycle Cost (LCC) pada Pemasaran Online dan Offline pada Produk Kustomisasi Kaos
Edition
Call Number 2011/II/68
ISBN/ISSN
Author(s) Ambarsari, Nunik
Subject(s) Life Cycle Assessment
E-Marketing
Classification 658,566 Amb a
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2011
Publishing Place Surabaya
Collation 20 cm
Abstract/Notes Kata kunci: mass customization, life cycle assessment (LCA), life cycle cost (LCC), pemasaran online dan offline
Specific Detail Info Seiring dengan pertumbuhan ekonomi dan perkembangan teknologi yang begitu pesat di Indonesia, membuat gaya hidup dan pola konsumsi masyarakat menjadi semakin meningkat. Hal inilah yang menyebabkan para produsen mengubah media pemasaran serta semakin meningkatkan pelayanan mereka dengan menawarkan pilihan kustomisasi pada konsumen. Di sisi lain, kebutuhan konsumen semakin lama semakin meningkat, maka untuk meningkatkan kepuasan para konsumen disediakan layanan berupa kustomisasi dalam jumlah masal (mass customization) dan media pemasarannya juga didukung secara online dan offline. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisa dampak lingkungan dan biaya pada pemasaran offline dan online untuk produk kustomisasi kaos baik dari sisi konsumen maupun produsen. Metode yang akan digunakan dalam melakukan penelitian ini adalah Life Cycle Assessment (LCA) dan Life Cycle Cost (LCC). Metode LCA ini nantinya akan digunakan untuk mengetahui seberapa besar dampak lingkungan yang ditimbulkan dari pemasaran dan pembelian produk kustomisasi kaos baik melalui offline maupun online. Sedangkan untuk metode LCC ini digunakan untuk menghitung biaya apa saja yang akan dikeluarkan apabila menggunakan media offline dan online baik dari sudut pandang produsen maupun konsumen. ii Dari penelitian ini diketahui impact yang paling besar untuk pemasaran online terdapat pada proses penerimaan pesanan sebesar 5,6 Pt sedangkan untuk pemasaran offline terdapat pada proses distribusi ke toko sebesar 0,16 Pt, impact yang paling besar untuk pembelian online terdapat pada proses browsing sebesar 2,71 Pt, dan untuk pembelian offline semua proses memberikan impact yang sama besar yaitu 0,191 Pt. Hasil LCC dari penelitian ini adalah pemasaran offline membutuhkan biaya Rp 3.421.195/bulan dan untuk pemasaran online membutuhkan biaya Rp 2.245.400/bulan. Sedangkan untuk pembelian secara online membutuhkan biaya sebesar Rp18.616,013 dan untuk pembelian secara offline dengan menggunakan media transportasi mobil dan sepeda motor membutuhkan biaya masing-masing sebesar Rp 12.412,94 untuk transportasi mobil dan Rp 3.307,06 untuk transportasi sepeda motor. Kata kunci: mass customization, life cycle assessment (LCA), life cycle cost (LCC), pemasaran online dan offline
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Dr. Maria Anityasari, ST,ME
Volume
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous