Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Kajian Life Cycle Assessment (LCA) untuk Perbaikan Prosess Produksi Air Bersih di Instalasi Pengolahan Air Minum (IPAM) Ngagel II PDAM Surabaya dengan pendekatan Analytic Network Process (ANP)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Kajian Life Cycle Assessment (LCA) untuk Perbaikan Prosess Produksi Air Bersih di Instalasi Pengolahan Air Minum (IPAM) Ngagel II PDAM Surabaya dengan pendekatan Analytic Network Process (ANP)
Edition
Call Number 2011/II/72
ISBN/ISSN
Author(s) Yunianto, Rahmanizar Maksum
Subject(s) Life Cycle Assessment
Clean Water Composing Process
Classification 658,566 Yun k
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2011
Publishing Place Surabaya
Collation 20 cm
Abstract/Notes Kata kunci : Pengolahan Air Minum, PDAM, Life Cycle Assessment (LCA), IPAM Ngagel II, Analytic Network Process (ANP).
Specific Detail Info Perusahaan Daerah Air Bersih (PDAM) Kota Surabaya merupakan perusahaan yang menyediakan dan mendistribusikan air bersih yang memenuhi syarat-syarat kesehatan. Untuk memenuhi kebutuhan air bersih, PDAM saat ini memiliki 6 Instalasi Pengolahan Air Minum (IPAM), yaitu IPAM Ngagel I, Ngagel II, Ngagel III, KarangPilang I, KarangPilang II, dan KarangPilang III. Dalam menghasilkan air bersih yang memenuhi standar kualitas , diperlukan serangkaian pengelolaan usaha secara profesional dengan teknologi tepat guna. Namun, dalam setiap aktivitas proses pengolahan air bersih tersebut akan timbul dampak negatif pada lingkungan. Penelitian ini akan menganalisa dampak lingkungan yang terjadi dari serangkaian proses pengolahan air bersih di IPAM PDAM, khususnya IPAM Ngagel II. Analisa dampak lingkungan ini dilakukan menggunakan pendekatan Life Cycle Assessment (LCA). Dari hasil LCA, diketahui bahwa bagian pompa air baku memiliki dampak terbesar yaitu sebesar 73 kPt. Dari hasil LCA, diidentifikasi alternatif pengurangan dampak lingkungan di bagian pompa, yaitu Perubahan Kapasitas Pompa; Peningkatan ii Intensitas Maintenance; serta Pelatihan dan Pengembangan Operator. Metode yang digunakan untuk proses pemilihan alternatif pengurangan dampak pada penelitian ini adalah dengan pendekatan Analytic Network Process (ANP). Terdapat tiga kriteria dengan tujuh sub-kriteria yang kemudian diberikan nilai pembobotan untuk mengetahui tingkat kepentingan dari masing-masing kriteria dan sub-kriteria tersebut. Dari hasil perangkingan diketahui bahwa alternatif pengurangan dampak lingkungan yang terbaik sebagai rekomendasi perbaikan proses produksi untuk pihak IPAM Ngagel II adalah alternatif Perubahan Kapasitas Pompa. Kata kunci : Pengolahan Air Minum, PDAM, Life Cycle Assessment (LCA), IPAM Ngagel II, Analytic Network Process (ANP).
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Prof.Dr.Ir. Udisubakti Ciptomulyono, M.Eng.Sc.
Volume
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous