Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Penentuan Prioritas Pembangunan Pariwisata di Pulau Lombok Dengan Menggunakan Metode Location Quotient (LQ) dan Analytic Network Process (ANP)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Penentuan Prioritas Pembangunan Pariwisata di Pulau Lombok Dengan Menggunakan Metode Location Quotient (LQ) dan Analytic Network Process (ANP)
Edition
Call Number 2011/II/75
ISBN/ISSN
Author(s) Hanafi, Febryanto Rakhmat
Subject(s) Geographic Information System
Location Question
Classification 658,403 Han p
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2011
Publishing Place Surabaya
Collation 20 cm
Abstract/Notes Kata kunci : Pariwisata, Geographic Information System (GIS), Location Quetion (LQ), Analytic Network Process (ANP).
Specific Detail Info Sektor Pariwisata merupakan salah satu sektor unggulan bagi perekonomian Pulau Lombok yang belum mendapat perhatian yang maksimal dari pemerintah daerah. Dari hasil Rencana Tata Ruang Wilayah Lombok Tahun 2009-2029, pemerintah membagi objek pariwisata tersebut ke dalam 10 zona. Dengan adanya zoning-zoning tersebut, maka akan lebih mudah mengelompokkan objek-objek wisata tersebut untuk nantinya dikembangkan menjadi satu klaster usaha pariwisata. Penelitian ini bertujuan menggambarkan secara spasial keadaan Pulau Lombok dengan menggunakan Geographic Information System (GIS). Kemudian menentukan klaster sektor pariwisata yang potensial dengan metode Location Quetion (LQ). Metode ini dapat menentukan tingkat kepadatan sektor usaha tertentu pada suatu wilayah dibandingkan dengan sektor yang sama secara agregat. Metode ini juga dapat melihat kemampuan suatu wilayah tertentu apakah dapat dijadikan sektor basis atau tidak. Sedangkan dalam pemilihan alternatif dan pemberian bobot criteria pada masing-masing alternatif daerah yang ingin dibangun terlebih dahulu menggunakan metode Analitic Network Process(ANP). iv Diharapkan dengan adanya pembobotan berdasarkan penilaian para ahli (expert judgment) akan didapatkan kriteria-kriteria utama yang dapat menentukan alternative daerah wisata mana yang menjadi prioritas terpilih. Dari hasil penelitian didapatkan kute dan hotel sebagai usulan pilihan terbaik untuk zona pariwisata dan investasi unit usaha dengan kriteria- kriteria yang meliputi budaya, citra, harga, keindahan alam, keamanan, pantai, penduduk sadar wisata, relaksasi, daya tarik objek wisata, infrastruktur, keamananperaturan dan kebijakan daerah, perilaku masyarakat, dan resiko. Kata kunci : Pariwisata, Geographic Information System (GIS), Location Quetion (LQ), Analytic Network Process (ANP).
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Prof.Dr.Ir. Udisubakti Ciptomulyono, M.Eng.Sc.
Volume
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous