RECORD DETAIL
Back To Previous
Back To Previous
Title | Studi Awal Penyerapan Lulusan SMA di Pendidikan Tinggi dan Dunia Kerja |
Edition | |
Call Number | 2011/II/77 |
ISBN/ISSN | |
Author(s) | Gunawan, Sultani Indra (R) |
Subject(s) | Exploration Study Senior High School |
Classification | 658,151 Gun s |
Series Title | GMD | Tugas Akhir |
Language | Indonesia |
Publisher | Jurusan Teknik Industri FTI-ITS |
Publishing Year | 2011 |
Publishing Place | Surabaya |
Collation | 20 cm |
Abstract/Notes | Kata kunci: Studi Eksplorasi, SMA, Alignment Index (AI), Tracer Study |
Specific Detail Info | Lulusan SMA disiapkan untuk melanjutkan studinya ke jenjang yang lebih tinggi. Akan tetapi, fakta menunjukkan bahwa lulusan yang memutuskan untuk bekerja setelah lulus juga banyak. Pada penelitian ini dilakukan studi eskplorasi terhadap kondisi eksisting yang kemudian dikembangkan sebuah model penyelarasan untuk menghitung keselarasan yang dicapai antara pendidikan SMA dengan keterserapannya. Perancangan model keselarasan menghasilkan rumus Alignment Index (AI) berdasarkan hasil eksporasi lulusan SMA melalui tracer study. Nilai AI menghitung seberapa besar lulusan yang dihasilkan terserap di perguruan tinggi, lapangan kerja, dan lapangan usaha. Berdasarkan perhitungan AI, AI di SMAN 8 Surabaya menghasilkan nilai AI Kuliah secara umum lebih besar dari AI SMA Yapita Surabaya dan AI SMAK YBPK 1 Surabaya. Hal ini menunjukkan bahwa lulusan SMAN 8 Surabaya mampu menghasilkan lulusan 2009 yang melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi, baik di perguruan tinggi negeri maupun swasta. Bila dilihat AI Kerja, lulusan ketiga sekolah diterima bekerja tanpa mengikuti kursus sedangkan dilihat dari AI Wirausaha, diketahui bahwa lulusan SMA yang memutuskan berwirausaha jumlahnya sangat sedikit. Kata kunci: Studi Eksplorasi, SMA, Alignment Index (AI), Tracer Study |
Image | |
File Attachment | LOADING LIST... |
Pembimbing | Dr.Ir. Patdono Suwignjo, M.Eng.Sc.; Dr. Maria Anityasari, ST, ME |
Volume | |
Availability | LOADING LIST... |
Back To Previous |