RECORD DETAIL
Back To Previous
Back To Previous
Title | Perancangan Model Pengukuran Kinerja Penyelarasan Pendidikan Nonformal ( Lembaga Kursus) dengan Dunia Kerja Melalui Alignment Index ( Studi Kasus : Kota Surabaya ) |
Edition | |
Call Number | 2011/II/79 |
ISBN/ISSN | |
Author(s) | Sandy, Herry Purnama |
Subject(s) | Performance Measurement of Alignment Alignment Index |
Classification | 658,151 San p |
Series Title | GMD | Tugas Akhir |
Language | Indonesia |
Publisher | Jurusan Teknik Industri FTI-ITS |
Publishing Year | 2011 |
Publishing Place | Surabaya |
Collation | 20 cm |
Abstract/Notes | Kata kunci: Alignment Index (AI), Pengukuran Kinerja Penyelarasan, Pendidikan Nonformal, Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP), Tracer Study |
Specific Detail Info | Pengangguran merupakan permasalahan yang harus segera diselesaikan. Tingginya angka pengangguran salah satunya disebabkan oleh ketidakselarasan antara output yang dihasilkan oleh dunia pendidikan (supply side) dengan kebutuhan dunia kerja (demand side). Ketidakselarasan juga terjadi pada pendidikan nonformal yang diselenggarakan oleh lembaga kursus dan pelatihan (LKP). Untuk itu dalam penelitian tugas akhir ini dirancang sebuah model pengukuran kinerja penyelarasan yang dapat mengukur seberapa besar keselarasan antara pendidikan LKP dengan dunia kerja. Perancangan model pengukuran kinerja penyelarasan menghasilkan rumus Alignment Index (AI) yang meliputi empat dimensi penyelarasan yaitu kuantitas, kualitas/kompetensi, lokasi, dan waktu. Nilai AI menghitung seberapa besar lulusan yang dihasilkan terserap di dunia kerja. Data yang dibutuhkan untuk implementasi model didapatkan dari tracer study dengan wawancara melalui telepon. . Berdasarkan kajian yang telah dilakukan dihasilkan 2 kategori model matematis AI, yaitu model AI general secara umum dan model AI spesifik dengan memperhatikan latar belakang pendidikan sebelum mengikuti kursus. Hal ini dilakukan untuk mengetahui peran LKP murni karena terdapat beberapa peserta kursus yang pernah menempuh pendidikan vokasi sebelum mengikuti kursus. Logika awal yang menyatakan bahwa ii nilai AI spesifik selalu lebih kecil daripada nilai AI general ternyata tidak selalu sesuai dengan kenyataan. Hal ini disebabkan oleh kualitas data hasil tracer study yang tidak cukup baik. Model AI yang dihasilkan memiliki keakuratan tinggi namun sangat tergantung pada data hasil tracer study yang cenderung tidak praktis. Kata kunci: Alignment Index (AI), Pengukuran Kinerja Penyelarasan, Pendidikan Nonformal, Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP), Tracer Study |
Image | |
File Attachment | LOADING LIST... |
Pembimbing | Dr. Maria Anityasari, ST, ME; Dr.Ir. Sri Gunani Partiwi, MT |
Volume | |
Availability | LOADING LIST... |
Back To Previous |