Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Pengembangan Model Biaya Produksi Mass Customization Berbasis Siklus Hidup Produk
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Pengembangan Model Biaya Produksi Mass Customization Berbasis Siklus Hidup Produk
Edition
Call Number 2012/04
ISBN/ISSN
Author(s) Astanti,Yuli Dwi
Subject(s) MASS CUSTOMIZATION-AGILITY
Mass Productioncost model
Classification 658.5 Ast p
Series Title
GMD Tesis
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri ITS
Publishing Year 2012
Publishing Place Surabaya
Collation 25 cm
Abstract/Notes mass customization, mass production, model biaya produk, siklus hidup produk
Specific Detail Info Penelitian ini akan merancang model biaya produk Mass Customization (MC). MC merupakan kemampuan perusahaan untuk menciptakan produk sesuai keinginan konsumen secara individu dengan cara mengikutsertakan konsumen dalam desain produk, namun dengan efisiensi volume produksi layaknya Mass Production (MP). Implementasi MC membutuhkan beberapa pembaharuan dalam sebuah sistem MP agar tercapainya tujuan MC sesuai definisnya tersebut. Pembaharuan tersebut akan membawa pengaruh pada proses bisnis yang ada dalam perusahaan. Perbedaan proses bisnis berarti perbedaan aktifitas dan strategi yang harus dilakukan, dimana aktifitas dan strategi tersebut akan membawa pengaruh pada biaya yang harus dikeluarkan. Oleh karena itu, diperlukan sebuah penelitian tentang biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan untuk membuat produk MC berdasarkan proses bisnis yang dilakukan. Model biaya yang akan dibuat adalah model biaya yang komprehensif yaitu selama siklus hidup produk. Model biaya produk MC berbasis siklus hidup diperlukan untuk mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan MC dibandingkan MP dimulai dari fase desain sampai dengan fase pembuangan. Model biaya dirumuskan berdasarkan teori-teori dari literatur sebelumnya dan tidak mengacu pada pengembangan suatu penelitian tertentu. Model biaya yang dibuat mempertimbangkan peluang dan tantangan MC dibanding MP, oleh karena itu model biaya dasar yang akan digunakan adalah model biaya produk MP. Perumusan model biaya dimulai dari identifikasi unsur pembeda utama antara MC dan MP. Unsur pembeda utama tersebut akan digunakan sebagai acuan untuk mengidentifikasi aktifitas dan strategi yang ada dalam MC. Dari aktifitas dan strategi tersebut akan diketahui komponen biaya apa saja yang membedakan antara MC dan MP. Hasil akhir yang diperoleh adalah model biaya MC berbasis siklus hidup dengan pertimbangan penghematan dan penambahan biaya produk MC disbanding MP. Validasi model yang dilakukan menunjukkan bahwa model biaya valid, dikarenakan seluruh komponen biaya pembeda MC dan MP yang dihasilkan terjadi pada semua data validasi. Kata kunci: mass customization, mass production, model biaya produk, siklus hidup produk Back
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Dr. Maria Anityasari,ST,ME, Naning Aranti Wessiani,ST,MM
Volume
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous