Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Pemodelan Siklus Hidup Klaster Industri Komponen Otomotif dalam Upaya Membangun Kolaborasi Knowledge Sharing ( Sebuah Pendekatan Sistem Dinamik)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Pemodelan Siklus Hidup Klaster Industri Komponen Otomotif dalam Upaya Membangun Kolaborasi Knowledge Sharing ( Sebuah Pendekatan Sistem Dinamik)
Edition
Call Number 2012/I/02
ISBN/ISSN
Author(s) Maftuhah, Diesta Iva
Subject(s) Automotive Components Industry
Claster Life Cycle
Classification 658.403 2 Maf p
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2012
Publishing Place Surabaya
Collation 20 cm
Abstract/Notes Kata Kunci : industri komponen otomotif, klaster industri, knowledge sharing, kolaborasi, siklus hidup klaster, sistem dinamik, stakeholder.
Specific Detail Info Knowledge memegang peranan penting dalam peningkatan daya saing untuk kemajuan industri. Akan tetapi, dalam perkembangan kolaborasi knowledge sharing, masih belum menunjukkan hasil positif yang signifikan dalam memperkuat struktur industri. Untuk melihat perkembangan dinamika klaster, maka perlu dilakukan penelitian dalam memodelkan perkembangan siklus hidup klaster industri dengan sistem dinamik guna membangun kolaborasi knowledge yang dapat meningkatkan daya saing industri. Objek penelitian dalam penelitian ini adalah klaster industri komponen otomotif di Waru, Jawa Timur. Sesuai dengan hasil simulasi, ditunjukkan bahwa skenario peningkatan kontribusi stakeholder klaster, terutama pemerintah, sangat berpengaruh dalam peningkatan daya saing maupun siklus hidup klaster, dengan hasil peningkatan indeks daya saing sebesar 16.6 persen dan indeks produktivitas sebesar 94 persen. Oleh karena itu, pada pemodelan kolaborasi knowledge sharing dalam klaster industri, kontribusi pemerintah sangat mempengaruhi besarnya kontribusi pelaku lain dan peningkatan daya saing klaster, sehingga dibutuhkan perhatian yang mendalam dari pemerintah. Kata Kunci : industri komponen otomotif, klaster industri, knowledge sharing, kolaborasi, siklus hidup klaster, sistem dinamik, stakeholder.
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Prof.Dr.Ir. Budisantoso W,M.Eng; Iwan Vanany, ST,MT,Ph.D
Volume
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous