Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Pengukuran Performansi Corporate Shared Service (Departemen Information Technology) PT. Pertamina (Persero) dengan Menggunakan Kerangka IT Scorecard (Studi kasus : IT Marketing And Trading Surabaya)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Pengukuran Performansi Corporate Shared Service (Departemen Information Technology) PT. Pertamina (Persero) dengan Menggunakan Kerangka IT Scorecard (Studi kasus : IT Marketing And Trading Surabaya)
Edition
Call Number 2012/I/07
ISBN/ISSN
Author(s) Efendi, Refi
Subject(s) Analytical Hierarchy Process
IT Scorecard
Classification 658.403 Efe p
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik industri FTI ITS
Publishing Year 2012
Publishing Place Surabaya
Collation 20 cm
Abstract/Notes Kata Kunci : IT Scorecard, Key Performance Indicator (KPI), Alignment, Analytical Hierarchy Process (AHP)
Specific Detail Info Setiap organisasi bisnis senantiasa berupaya untuk mencapai visi dan misi organisasinya. Pencapaian visi dan misi tersebut tidak terlepas dari bagaimana sebuah organisasi menerjemahkan strategi perusahaan menjadi tindakan yang dapat diselaraskan kepada seluruh unit kerja di dalam organisasinya. Salah satu sistem penting terkini yang mendukung pencapaian sasaran strategis itu adalah sistem Information Technology (IT). Dalam pencapaian visi dan misinya, PT. PERTAMINA (Persero) telah melakukan pengukuran kinerja IT sebagai evaluasi terhadap performansi IT perusahaan. Namun, pengukuran yang dilakukan PT. PERTAMINA (Persero) belum sampai pada bagaimana menyeleraskan kontribusi IT terhadap pencapaian performansi perusahaan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menyelaraskan (alignment) antara sasaran strategis perusahaan dengan sasaran strategis IT. Pengukuran terhadap performansi IT dilakukan dengan berpedoman pada Balanced Scorecard, yaitu mengukur suatu kinerja tidak hanya dari perspektif (sudut pandang) finansial tetapi juga mengukurnya dari perspektif non finansial. IT Scorecard melakukan adopsi terhadap Balanced Scorecard, yaitu dengan mengubah perspektif IT menjadi perspektif corporate contribution, customer orientation, operational excellence, dan future orientation. Dari masing-masing sudut pandang tersebut dilakukan pemecahan (break down) strategic objective IT beserta key performance indicator (KPI) IT. Konsep Analytical Hierarchy Process (AHP) diintegrasikan di dalamnya untuk melakukan pembobotan perspektif, pembobotan strategic objective, dan key performance indicator IT, dengan menggunakan metode konversi terhadap bobot yang diberikan oleh manajemen (expert). Terakhir dihitung skor pencapaian kinerja KPI, strategic objective, perspektif, dan TI secara keseluruhan dengan scoring system, dimana indikatornya berupa traffic light system untuk memudahkan penentuan prioritas perbaikan. Dari hasil pembobotan didapat bobot perspektif terbesar dalam departemen ini yang dimiliki oleh perspektif operational excellence dengan bobot kepentingan sebesar 57.5%, sedangkan perspektif financial memiliki bobot kepentingan terendah yaitu sebesar 6.3%. Hal ini menunjukkan bahwa departemen IT fokus pada service provider. Kemudian kinerja perspektif tertinggi dimiliki oleh perspektif user orientation dengan nilai sebesar 121,57% dan kinerja perspektif terendah dimiliki oleh perspekti corporate contribution dengan nilai sebesar 97,02%. Namun kinerja IT secara keseluruhan mendapatkan nilai sebesar 102,3% Kata Kunci : IT Scorecard, Key Performance Indicator (KPI), Alignment, Analytical Hierarchy Process (AHP)
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Syarifa Hanoum, ST,MT
Volume
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous