RECORD DETAIL
Back To Previous
Back To Previous
Title | Studi Keandalan Supir Bus untuk Mencegah Kecelakaan Lalu Lintas dengan Pendekatan Simulasi |
Edition | |
Call Number | 2012/I/20 |
ISBN/ISSN | |
Author(s) | Rifqi, Afif |
Subject(s) | Simulation Human Errors |
Classification | 620.82 Rif s |
Series Title | GMD | Tugas Akhir |
Language | Indonesia |
Publisher | Jurusan Teknik industri FTI ITS |
Publishing Year | 2012 |
Publishing Place | Surabaya |
Collation | 20 cm |
Abstract/Notes | Kata Kunci : Human Errors; Simulation; Driver's behaviour |
Specific Detail Info | Kecelakaan lalu lintas di jalan raya merupakan suatu peristiwa yang tidak dapat diduga. Penyebab kecelakaan pada umumnya terdiri atas 3 (tiga) faktor yaitu manusia, kendaraan, dan lingkungan. Faktor manusia (human error) memiliki kontribusi yang paling tinggi mencapai 80%-90%. Behavior yang dilakukan supir bus akan dimodelkan menjadi model kontekstual untuk membedakan faktor distal dan proksimal dalam pengaruhnya terhadap kecelakaan lalu lintas. Model kontekstual tersebut akan dijadikan acuan untuk melakukan simulasi guna mendapatkan sequence dominan yang dapat menyebabkan kecelakaan. Metode yang digunakan dalam melakukan penelitian ini adalah observasi melalui penyebaran kuisioner yang diberikan kepada supir karyawan PO MOEDAH. Nilai yang didapatkan berdasarkan pengolahahan kuisioner akan dijadikan input dalam simulasi. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah variabel akhir yang dikembangkan menjadi model simulasi adalah mengabaikan batas kecepatan untuk mengikuti arus lalu lintas, mengabaikan kecepatan ketika akan menyalip, menyalip kendaraan yang berjalan pelan, mengemudi terlalu dekat dengan kendaraan di depan, salah memprediksi jarak pengereman, salah memprediksi jarak dengan kendaraan di depan ketika akan mendahului kendaraan tersebut, salah memprediksi kecepatan kendaraan yang datang dari arah berlawanan, masuk di jalur berlawanan, dan menerobos perpotongan atau perempatan pada saat mengetahui bahwa lampu lalu lintas akan berubah menjadi merah. Kata Kunci : Human Error, Simulasi, Perilaku Pengemudi. |
Image | |
File Attachment | LOADING LIST... |
Pembimbing | Arief Rahman, ST,MSc. |
Volume | |
Availability | LOADING LIST... |
Back To Previous |