Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Studi Keandalan Supir Bus untuk Mencegah Kecelakaan Lalu Lintas dengan Pendekatan Simulasi
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Studi Keandalan Supir Bus untuk Mencegah Kecelakaan Lalu Lintas dengan Pendekatan Simulasi
Edition
Call Number 2012/I/20
ISBN/ISSN
Author(s) Rifqi, Afif
Subject(s) Simulation
Human Errors
Classification 620.82 Rif s
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik industri FTI ITS
Publishing Year 2012
Publishing Place Surabaya
Collation 20 cm
Abstract/Notes Kata Kunci : Human Errors; Simulation; Driver's behaviour
Specific Detail Info Kecelakaan lalu lintas di jalan raya merupakan suatu peristiwa yang tidak dapat diduga. Penyebab kecelakaan pada umumnya terdiri atas 3 (tiga) faktor yaitu manusia, kendaraan, dan lingkungan. Faktor manusia (human error) memiliki kontribusi yang paling tinggi mencapai 80%-90%. Behavior yang dilakukan supir bus akan dimodelkan menjadi model kontekstual untuk membedakan faktor distal dan proksimal dalam pengaruhnya terhadap kecelakaan lalu lintas. Model kontekstual tersebut akan dijadikan acuan untuk melakukan simulasi guna mendapatkan sequence dominan yang dapat menyebabkan kecelakaan. Metode yang digunakan dalam melakukan penelitian ini adalah observasi melalui penyebaran kuisioner yang diberikan kepada supir karyawan PO MOEDAH. Nilai yang didapatkan berdasarkan pengolahahan kuisioner akan dijadikan input dalam simulasi. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah variabel akhir yang dikembangkan menjadi model simulasi adalah mengabaikan batas kecepatan untuk mengikuti arus lalu lintas, mengabaikan kecepatan ketika akan menyalip, menyalip kendaraan yang berjalan pelan, mengemudi terlalu dekat dengan kendaraan di depan, salah memprediksi jarak pengereman, salah memprediksi jarak dengan kendaraan di depan ketika akan mendahului kendaraan tersebut, salah memprediksi kecepatan kendaraan yang datang dari arah berlawanan, masuk di jalur berlawanan, dan menerobos perpotongan atau perempatan pada saat mengetahui bahwa lampu lalu lintas akan berubah menjadi merah. Kata Kunci : Human Error, Simulasi, Perilaku Pengemudi.
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Arief Rahman, ST,MSc.
Volume
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous