Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Analisis Perbandingan Keuntungan Pembiayaan Bank Konvensional dan Musyarakah Bank Syariah untuk Berbagai Sektor Usaha (studi kasus : PT. Bank BNI Syariah Malang)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Analisis Perbandingan Keuntungan Pembiayaan Bank Konvensional dan Musyarakah Bank Syariah untuk Berbagai Sektor Usaha (studi kasus : PT. Bank BNI Syariah Malang)
Edition
Call Number 2012/I/44
ISBN/ISSN
Author(s) Luthfiyah, Maulida
Subject(s) Bank Syariah
Cost
Classification 657.044 Lut a
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik industri FTI ITS
Publishing Year 2012
Publishing Place Surabaya
Collation 20 cm
Abstract/Notes Kata kunci: Perbankan, Syariah, Musyarakah, Risiko, Nisbah
Specific Detail Info Perbankan syariah merupakan salah satu alternatif sistem perbankan yang saling menguntungkan bagi masyarakat dan bank. Jumlah aset perbankan syariah di Indonesia dari tahun per tahun mengalami peningkatan. Sistem operasi bank syariah menggunakan sistem bagi hasil, sedangkan bank konvensional menggunakan sistem bunga. Sistem tersebut akan berpengaruh terhadap keuntungan yang diperoleh bank dan nasabah. Produk pembiayaan musyarakah merupakan produk pembiayaan antar satu orang atau lebih yang menggunakan akad bagi hasil. Jika nasabah mengalami kerugian, maka pokok pembiayaan tidak perlu dilunasi. Jika di bank konvensional, bagaimanapun keadaan usaha yang dibiayai, perusahaan wajib melunasi pokok dan bunga yang dibebankan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah sistem dinamik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada bank syariah, keuntungan yang diperoleh bergerak secara dinamis dari waktu ke waktu sesuai dengan laba kotor yang dimiliki nasabah dan memiliki tren yang menurun. Sedangkan untuk sistem bunga bank konvensional, pola keuntungan menurun secara linier. Nisbah bagi hasil bank syariah yang ekuivalen dengan bank konvensional akan semakin tinggi jika tingkat risiko kegagalan usaha semakin tinggi. Kata kunci: Perbankan, Syariah, Musyarakah, Risiko, Nisbah
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Naning Aranti Wessiani, ST,MM; Dr.Enf.Ir. Ahmad Rusdiasyah, M.Eng
Volume
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous