Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Pemodelan Kemampuan Teknologi pada Sistem Produksi UKM untuk Meningkatkan Daya Saing : Studi kasus UKM Mebel Kayu Jati
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Pemodelan Kemampuan Teknologi pada Sistem Produksi UKM untuk Meningkatkan Daya Saing : Studi kasus UKM Mebel Kayu Jati
Edition
Call Number 2013/03
ISBN/ISSN
Author(s) Nur, Taufik
Subject(s) System Dynamics
Competitiveness
Technological Capability
Classification 658.403.2 Nur p
Series Title
GMD Tesis
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2013
Publishing Place Surabaya
Collation 25 cm
Abstract/Notes Kata kunci: daya saing, investasi tenaga ahli, kemampuan teknologi, mebel kayu jati, sistem dinamik, UKM.
Specific Detail Info Usaha kecil dan menengah (UKM) mebel kayu jati di Indonesia berpeluang meningkatkan nilai ekspor. Namun demikian, peluang tersebut tidak dapat dimanfaatkan karena terbatasnya kapasitas produksi. Hambatan utama terbatasnya kapasitas produksi karena jumlah tenaga ahli mebel yang terbatas dan ketidakmampuan UKM melakukan investasi teknologi. Dalam penelitian ini disimulasikankan sistem produksi UKM mebel kayu jati dengan menggunakan pemodelan sistem dinamik dengan tujuan peningkatan daya saing. Indikator daya saing adalah meningkatnya pendapatan ekspor dan kapasitas produksi. Submodel yang terbangun dari pemodelan ini adalah teknologi (mesin dan tenaga kerja), permintaan dan produksi, keuangan dan investasi. Dari hasil simulasi kondisi eksisting (kondisi nyata) dengan waktu simulasi selama kurun waktu 120 bulan atau 10 tahun, didapatkan nilai keuntungan UKM hingga pada tahun ke-10 sebesar Rp.1,4 miliar. Skenario yang dilakukan adalah penggantian 4 dan 8 unit mesin mesin modern, penambahan 4 unit mesin modern dan investasi pelatihan tenaga ahli. Hasil skenario penggantian mesin adalah meningkatnya keuntungan menjadi Rp.2,171 miliar (total akumulasi keuntungan pada tahun ke-10). Skenario investasi tenaga ahli mebel dengan keuntungan yaitu senilai Rp.1,526 miliar. Skenario penggantian mesin modern menjadi pilihan strategi jangka pendek, namun untuk jangka panjang, skenario terbaik adalah investasi tenaga ahli permebelan.
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Ir. Janti Gunawan, M.Eng.Sc,Mcom.IB, Ph.D; Prof. Dr. Ir. Budisantoso W, M.Eng
Volume
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous