Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Pengembangan Model Preventive Maintenance dengan Pendekatan Multikriteria: Reliability, Availability, Maintainability, Safety and cost (RAMS+C)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Pengembangan Model Preventive Maintenance dengan Pendekatan Multikriteria: Reliability, Availability, Maintainability, Safety and cost (RAMS+C)
Edition
Call Number 2013/13
ISBN/ISSN
Author(s) Andrian, David
Subject(s) Preventive Maintenance
Decision Maker
Multicriteria
Classification 658.202 And p
Series Title
GMD Tesis
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2013
Publishing Place Surabaya
Collation 25 cm
Abstract/Notes Kata kunci : preventive maintenance, decision maker, multikriteria, interval PM, trade-off
Specific Detail Info Preventive maintenance (PM) merupakan proses maintenance yang sudah terjadwal dan secara periodik dengan tujuan meminimalkan resiko dan kerugian akibat kerusakan mendadak. Problem utama dalam PM adalah bagaimana menentukan interval waktu optimal antar PM. Karena adanya perbedaan kepentingan di pihak para decision maker, maka penentuan interval waktu optimal PM perlu dievaluasi dalam perspektif multikriteria. Bagi para decision maker kriteria ini umumnya saling bertentangan, di mana peningkatan pencapaian objektif suatu kriteria akan menurunkan pencapaian objektif kriteria lainnya. Dengan demikian dibutuhkan suatu pendekatan untuk mengakomodasi trade off antar kriteria yang terlibat dalam penentuan interval PM yang paling memuaskan. Kriteria yang telah umum digunakan dalam penelitian-penelitian sebelumnya di antaranya adalah reliability, availability, dan cost. Pengembangan model PM dengan kriteria-kriteria tersebut dalam kebanyakan penelitian sebelumnya seringkali menggunakan teknik yang rumit sehingga melebarkan gap antara dunia akademis dengan aplikasi praktisnya. Penelitian ini akan memakai pendekatan multikriteria dengan lima kriteria (reliability, availability, maintainability, safety, dan cost). Dua kriteria baru yang ingin dikembangkan adalah maintainability dan safety ─ yang sering diabaikan dampaknya ─ karena sulitnya membuat suatu ukuran optimal dalam angka-angka. Teknik multikriteria yang akan dipakai adalah Multi Attribute Value Theory dengan alasan utama kemudahan mengagregasi seluruh kriteria yang dipertimbangkan. Dengan demikian tantangan akan perlunya simplifikasi model PM optimal namun tetap mengakomodasi untuk kepentingan para decision maker secara simultan, dapat tercapai. Pada uji numerik model menggunakan parameter yang sama, pertimbangan dua kriteria baru ini menghasilkan perubahan interval PM yang cukup signifikan menjadi lebih pendek (sekitar 22%) dibandingkan dengan bila tanpa mempertimbangkan kedua kriteria ini
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Putu Dana Karningsih,ST,M.Eng.Sc.Ph.D;Prof.Dr.Ir. Udisubakti Ciptomulyono, M.Eng.Sc.
Volume
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous