Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Aplikasi Lean Manufacturing dan Lean Service di Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Surya Sembada Kota Surabaya
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Aplikasi Lean Manufacturing dan Lean Service di Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Surya Sembada Kota Surabaya
Edition
Call Number 2013/I/12
ISBN/ISSN
Author(s) Febriani, Mila Ayu
Subject(s) Big Picture Mapping
Lean Manufacturing
Lean Service
Classification 658.542 Feb a
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2013
Publishing Place Surabaya
Collation 25 cm
Abstract/Notes Kata kunci : Lean Manufacturing, Lean Services, Big Picture Mapping, Root Cause Analysis
Specific Detail Info Perusahaan Daerah Air Minum Surabaya (PDAM) merupakan salah satu perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sebagai pengelola air bersih dan bertugas untuk mendistribusikan ke pelanggan PDAM. PDAM merupakan perusahaan jasa yang menjual suatu kebutuhan yang tidak dapat digantikan, yaitu air. Perlu ada tahapan tertentu untuk mengolah air hingga menjadi bersih dan dapat digunakan. PDAM Kota Surabaya melakukan pembagian wilayah pendistribusian air kedalam beberapa zona 1, zona 2, zona 3, zona 4 dan zona 5 serta zona luar kota yaitu zona pelanggan yang tidak dalam wilayah Surabaya. Pembagian wilayah ini dirasakan efektif untuk masalah pendistribusian air bersih ke pelangan. Walau sebagai badan usaha miliki negera namun PDAM harus dapat mencapai effisiensi. Salah satu usaha untuk meningkatkan effisiensi adalah dengan mengaplikasikan pendekatan pemikiran tentang lean. Terdapat berbagai masalah saat ini yang terjadi pada PDAM baik dari sisi produksi maupun layanannya. Dari permasalahan tersebut dilakukan pendekatan yang digunakan yaitu lean manufacturing dan lean services untuk mengurangi waste yang merupakan non value added. Dari kedua permasalahaan tersebut akan dilihat, apakah ada kaitan antara satu sama lain. Tools yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan menggunakan big picture mapping, root cause analysis dan kuesioner. Kemudian dari hasil penelitian tersebut akan menghasilkan output berupa rekomendasi perbaikan bagi perusahaan.
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Putu Dana Karningsih,ST,M.Eng.Ph.D
Volume
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous