RECORD DETAIL
Back To Previous
Back To Previous
Title | Pengembangan Model Simulasi Diskrit untuk Pengelolaan Pendapatan Penerbangan dengan Mempertimbangkan Kebijakan Harga Tiket Kompetitor |
Edition | |
Call Number | 2013/I/15 |
ISBN/ISSN | |
Author(s) | Pradana, Dimas Riski |
Subject(s) | Airline Revenue Management Revenue Management Dynamic Pricing |
Classification | 336.02 Pra p |
Series Title | GMD | Tugas Akhir |
Language | Indonesia |
Publisher | Jurusan Teknik Industri FTI-ITS |
Publishing Year | 2013 |
Publishing Place | Surabaya |
Collation | 25 cm |
Abstract/Notes | Kata kunci: Airline Revenue Management (ARM), Pengelolaan Pendapatan, Peak Demand, Off Peak Demand, Dynamic Pricing. |
Specific Detail Info | Perkembangan pada sektor industri penerbangan mendorong peningkatan persaingan antar maskapai penerbangan. Airline Revenue Management (ARM) diperlukan untuk mengelola pendapatan dalam menghadapi persaingan antar maskapai. Pengelolaan pendapatan tersebut dapat dilakukan dengan strategi dynamic pricing. Dynamic pricing merupakan strategi perubahan harga pada saat booking horizon. Akibat penerapan subkelas tersebut, penumpang harus membayar tiket dengan harga yang berbeda dengan penumpang di subkelas lain. Hal ini tidak menjadi masalah ketika harga tiket yang ditetapkan oleh maskapai penerbangan tidak melebihi kemauan membayar calon penumpang. Peningkatan jumlah penumpang dan maskapai setiap waktunya akan membuat munculnya permasalahan pengelolaan pendapatan pada persaingan maskapai. Pengelolaan pendapatan tersebut dapat dilakukan dengan saling memberikan respon jika terjadi perubahan harga setiap waktunya untuk meningkatkan demand yang ada. Pada penelitian ini dilakukan pengembangan pengelolaan pendapatan penerbangan dengan mempertimbangkan kebijakan harga tiket kompetitor. Metode yang dilakukan dalam pengembangan pengelolaan pendapatan tersebut menggunakan simulasi diskrit karena banyaknya variabilitas dan interdependency. Penelitian ini diawali dengan pengembangan model konseptual dan pembuatan model Arena. Kemudian model tersebut dilakukan validasi untuk memastikan bahwa model yang dibuat telah merepresentasikan kondisi nyata. Skenario yang dibuat dengan menjadikan suatu maskapai sebagai follower kompetitor dan leader kompetitor pada peak dan off peak demand untuk mendapatkan strategi periode kenaikan perubahan harga sehingga pendapatan maskapai maksimum. Hasil yang didapat dari penelitian ini, perubahan waktu pembukaan harga akan sangat mempengaruhi pendapatan pada kondisi off peak demand. |
Image | |
File Attachment | LOADING LIST... |
Pembimbing | Dr.Eng.Ir. Ahmad Rusdiansyah, M.Eng |
Volume | |
Availability | LOADING LIST... |
Back To Previous |