Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Pengembangan Model Simulasi Diskrit untuk Pengelolaan Pendapatan Penerbangan dengan Mempertimbangkan Kebijakan Harga Tiket Kompetitor
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Pengembangan Model Simulasi Diskrit untuk Pengelolaan Pendapatan Penerbangan dengan Mempertimbangkan Kebijakan Harga Tiket Kompetitor
Edition
Call Number 2013/I/15
ISBN/ISSN
Author(s) Pradana, Dimas Riski
Subject(s) Airline Revenue Management
Revenue Management Dynamic Pricing
Classification 336.02 Pra p
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2013
Publishing Place Surabaya
Collation 25 cm
Abstract/Notes Kata kunci: Airline Revenue Management (ARM), Pengelolaan Pendapatan, Peak Demand, Off Peak Demand, Dynamic Pricing.
Specific Detail Info Perkembangan pada sektor industri penerbangan mendorong peningkatan persaingan antar maskapai penerbangan. Airline Revenue Management (ARM) diperlukan untuk mengelola pendapatan dalam menghadapi persaingan antar maskapai. Pengelolaan pendapatan tersebut dapat dilakukan dengan strategi dynamic pricing. Dynamic pricing merupakan strategi perubahan harga pada saat booking horizon. Akibat penerapan subkelas tersebut, penumpang harus membayar tiket dengan harga yang berbeda dengan penumpang di subkelas lain. Hal ini tidak menjadi masalah ketika harga tiket yang ditetapkan oleh maskapai penerbangan tidak melebihi kemauan membayar calon penumpang. Peningkatan jumlah penumpang dan maskapai setiap waktunya akan membuat munculnya permasalahan pengelolaan pendapatan pada persaingan maskapai. Pengelolaan pendapatan tersebut dapat dilakukan dengan saling memberikan respon jika terjadi perubahan harga setiap waktunya untuk meningkatkan demand yang ada. Pada penelitian ini dilakukan pengembangan pengelolaan pendapatan penerbangan dengan mempertimbangkan kebijakan harga tiket kompetitor. Metode yang dilakukan dalam pengembangan pengelolaan pendapatan tersebut menggunakan simulasi diskrit karena banyaknya variabilitas dan interdependency. Penelitian ini diawali dengan pengembangan model konseptual dan pembuatan model Arena. Kemudian model tersebut dilakukan validasi untuk memastikan bahwa model yang dibuat telah merepresentasikan kondisi nyata. Skenario yang dibuat dengan menjadikan suatu maskapai sebagai follower kompetitor dan leader kompetitor pada peak dan off peak demand untuk mendapatkan strategi periode kenaikan perubahan harga sehingga pendapatan maskapai maksimum. Hasil yang didapat dari penelitian ini, perubahan waktu pembukaan harga akan sangat mempengaruhi pendapatan pada kondisi off peak demand.
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Dr.Eng.Ir. Ahmad Rusdiansyah, M.Eng
Volume
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous