Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Perbaikan Sistem Kerja untuk Meningkatkan Produktivitas dan Mengurangi Burnout pada Perawat UGD (Studi kasus : Rumah Sakit Haji Surabaya)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Perbaikan Sistem Kerja untuk Meningkatkan Produktivitas dan Mengurangi Burnout pada Perawat UGD (Studi kasus : Rumah Sakit Haji Surabaya)
Edition
Call Number 2013/I/16
ISBN/ISSN
Author(s) Handini, Erys
Subject(s) Nurses
Burnout
Classification 658.54 Han p
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2013
Publishing Place Surabaya
Collation 25 cm
Abstract/Notes Kata Kunci—perawat, burnout, beban kerja, human reliability assessment
Specific Detail Info Perawat UGD adalah tenaga medis yang bertugas untuk bersiaga memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Beban kerja yang diberikan kepada perawat UGD sangat fluktuatif tergantung kondisi pasien yang ditangani serta banyaknya jumlah pasien. Beban kerja tersebut ditambah dengan shift kerja yang panjang melebihi kapasitas kerja manusia normal dikhawatirkan akan mengakibatkan penurunan produktivitas dan stres akibat beban kerja yang tinggi. Stres yang berkepanjangan ini dapat mengakibatkan kelelahan fisik, mental, dan emosional yang dapat berujung terjadinya burnout pada perawat. Penelitian ini diselesaikan menggunakan metode pengukuran beban kerja fisik, NASA TLX, pengukuran burnout dengan Maslach Burnout Inventory dan Human Reliability Assessment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perawat UGD Rumah Sakit Haji Surabaya dengan tingkat burnout tertinggi adalah perawat dengan shift kerja malam hari. Rata-rata beban kerja fisik yang dialami masuk kategori sedang dan berat. Sementara itu deskriptor yang paling berpengaruh terhadap beban mental perawat adalah tingkat stres. Selain itu keandalan sistem perawat dalam melakukan tugasnya bernilai 0,503974. Rekomendasi perbaikan yang diusulkan adalah dengan pemberian waktu istirahat sebesar 3,79 menit setelah melakukan pekerjaan selama 8,1 menit. Rekomendasi untuk mereduksi error adalah dengan melakukan stress management training, job rotation dan pembuatan checklist kerja
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Dr.Ir. Sri Gunani Partiwi, MT
Volume
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous