Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Peningkatan Kinerja Proses Distribusi dan Administrasi Pemasaran Garam dengan Pendekatan Lean Thinking di PT. Garam (PERSERO) kantor Perwakilan Surabaya
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Peningkatan Kinerja Proses Distribusi dan Administrasi Pemasaran Garam dengan Pendekatan Lean Thinking di PT. Garam (PERSERO) kantor Perwakilan Surabaya
Edition
Call Number 2013/I/36
ISBN/ISSN
Author(s) Hidayatullah, Syarif
Subject(s) Lean Thinking
Root Cause Analysis
Bigpicture Mapping
Classification 658.406 Pra p
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2013
Publishing Place Surabaya
Collation 25 cm
Abstract/Notes Kata Kunci : Lean Thinking, BigPicture Mapping, Root Cause Analysis, dan Failure Mode and Effect Analysis
Specific Detail Info Kondisi globalisasi ekonomi ditandai dengan empat proses, yaitu mobilitas, keserentakan, pencarian jalan bebas hambatan, dan pluralisme. Dengan cepatnya perubahan kondisi yang terjadi, maka perusahaan ataupun pelaku bisnis harus bisa mengikuti setiap perubahan yang ada. Dengan begitu dalam proses bisnis persaingan strategi dalam aspek pemasaran juga begitu ketat, sehingga setiap perusahaan berusaha untupk merancang proses pemasaran produknya dengan efektif dan efisien. Salah satu metode untuk merancang pemasaran yang demikian adalah dengan penerapan Lean Thinking dalam proses pemasarannya untuk mereduksi hingga menghilangkan segala proses yang tidak memberikan added value. PT. Garam (Persero) sebagai Badan Usaha Milik Negara yang ditunjuk untuk memenuhi kebutuhan garam dalam negeri juga menerapkan aspek pemasaran dalam produknya. Berdasarkan data yang didapat dari Kementrian Perikanan dan Kelautan Republik Indonesia bahwasanya pangsa pasar dalam negeri PT. Garam (Persero) terus menurun setiap tahun dan pada tahun 2011 hanya mencapai 20 %. Dengan kondisi demikian PT. Garam (Persero) butuh proses evaluasi, salah satunya dari segi aspek pemasaran garam ketika banyak perusahaan importir garam dipasar bebas bersaing untuk memasarkan garam di Indonesia. Dalam penelitian kali ini indetifikasi waste pada aspek pemasaran yang dilakukan PT. Garam (Persero) menggunakan metode Big Picture Mapping, Root Cause Analysis (RCA), Failure Mode and Effect Analysis (FMEA). Dari hasil FMEA didapat bahwasanya waste kritis adalah waiting dan transportation. Dengan kondisi demikian solusi alternatif untuk mengatasi permasalahan pemasaran pada PT. Garam (Persero) Kantor Perwakilan Surabaya adalah dengan membangun sistem ERP. Sistem terpilih menggunakan free and open source software yang bernama compiere.
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Prof. Dr.Ir. Moses L.Singgih, M.Sc.M.Reg.Sc.
Volume
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous